Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGENDALIAN MUTU COKLAT CHOKATO PAYAKUMBUH DENGAN PENENTUAN SUPPLIER BERKUALITAS MENGGUNAKAN METODE ECKENRODE DAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL (MPE)

M. Ridha Masri, - (2020) PENGENDALIAN MUTU COKLAT CHOKATO PAYAKUMBUH DENGAN PENENTUAN SUPPLIER BERKUALITAS MENGGUNAKAN METODE ECKENRODE DAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL (MPE). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LAPORAN TANPA BAB 4.pdf

Download (11MB)

Abstract

Dalam mempertahankan mutu dan kualitas suatu produk tergantung pada penanganan yang dilakukan oleh pihak bersangkutan. Pada kasus yang diambil di Sumatera Barat khususnya di Pabrik Pabrik Coklat Chokato Payakumbuh yang memproduksi bermacam produk dari olahan biji kakao, berupa bubuk coklat, bubuk coklat 3 in1, lemak coklat, milk coklat batang dan coklat murni (Dark Chocolate). Upaya yang dilakukan pabrik untuk menjaga mutu kakao fermentasi adalah dengan melakukan fermentasi dengan kadar air yang tersisa seharusnya tinggal 7-8 % dengan melakukan pengeringan memanfaatkan sinar matahari secara langsung. Lalu dilakukan penyimpanan di gudang penyimpanan yang bertujuan untuk mengurangi resiko kerusakan bahan baku dan sekaligus menjaga mutu biji kakao. Peneliti menerapkan dua metode yaitu Metode Eckenrode untuk menentukan derajat kepentingan atau bobot (B) dari setiap Kriteria (K) dan Subkriteria (SK) yang ditetapkan dalam pengambilan keputusan. Penentuan bobot ini dinilai sangat penting karena akan memengaruhi nilai total akhir dari setiap pilihan keputusan. Sedangkan dari hasil metode MPE akan lebih kontras dari pada hasil Bayes. Metode perbandingan eksponensial mempunyai keuntungan dalam mengurangi bias atau kesalahan yang mungkin terjadi dalam analisis. Hasil akhir dari penelitian ini adalah agar mengetahui standar mutu biji kakao dan menentukan mana biji kakao yang lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Jul 2020 04:56
Last Modified: 23 Jul 2020 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28385

Actions (login required)

View Item View Item