Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kesejangan Anggaran (Studi Empiris Pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru)

NURSALEHA, - (2020) Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kesejangan Anggaran (Studi Empiris Pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
NURSALEHA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kesejangan Anggaran (Studi Empiris Pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru) Oleh : Nursaleha 11870323801 Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang berlokasi di jalan H. Samsul Bahri No.8 Kelurahan Air Hitam Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru Riau. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19 September 2019 sampai 28 Juni 2020 yang berjudul “Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kesejangan Anggaran (Studi Empiris Pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru)”. Partisipasi anggaran didefinisikan sebagai keterlibatan manajer-manajer pusat pertanggungjawaban dalam penyusunan anggaran. Kejelasan Sasaran Anggaran adalah sejauh mana tujuan anggaran ditetapkan secara jelas dan spesifik dengan tujuan agar anggaran tersebut dapat dimengerti oleh orang yang bertanggungjawabkan atas pencapaian anggaran tersebut. komitmen organisasi adalah kemampuan dan kemauan untuk menyelaraskan perilaku pribadi dengan kebutuhan prioritas dan tujuan organisasi. Budgetary Slack adalah sebagai besaran dimana para manajer dengan sengaja memasukkan sumber daya yang berlebihan ke dalam anggaran atau dengan sadar tidak menyatakan kemampuan produktif yang sesungguhnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Komitmen Organisasi Terhadap kesejangan anggaran. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode Penelitian deskriptif merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi. Dengan metode pengumbulan data menggunakan data primer dan sekunder serta mengolah data dengan statistic SPSS 21. Hasil menyimpulkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh terhadap kesejangan anggaran, kejelasan sasaran anggaran tidak berpengatuh terhadap kesejangan anggaran, komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kesejangan anggaran. Kata Kunci : Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, Komitmen Organisasi, Kesejangan Anggaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 23 Jul 2020 04:38
Last Modified: 23 Jul 2020 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28368

Actions (login required)

View Item View Item