Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PASIEN YANG ALERGI ANTIBIOTIK TERHADAP KESALAHAN PEMBERIAN RESEP OBAT OLEH DOKTER DI PUSKESMAS LIRIK

BELLA UTAMI RILANTI, - (2020) PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PASIEN YANG ALERGI ANTIBIOTIK TERHADAP KESALAHAN PEMBERIAN RESEP OBAT OLEH DOKTER DI PUSKESMAS LIRIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BELLA UTAMI RILANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 atau biasa yang disebut dengan Undang-undang Perlindungan Konsumen adalah undang-undang yang melindungi hak-hak konsumen salah satu konsumen yang di lindungi adalah pasien yang merupakan konsumen jasa pelayanan kesehatan. Di Puskesmas lirik terjadi suatu kasus dimana terdapat pasien alergi antibiotik yang di rugikan atas haknya karena kesalahan pemberian resep obat oleh dokter. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah perlindungan konsumen bagi pasien yang alergi antibiotik terhadap kesalahan pemberian resep obat oleh dokter di Puskesmas Lirik serta penyelesaian masalah yang timbul akibat kesalahan pemberian resep obat oleh dokter terhadap pasien yang alergi antibiotik di Puskesmas Lirik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilihat dari jenisnya yaitu tergolong ke dalam jenis penelitian Hukum Sosiologis, dimana penulis melakukan penelitian langsung ke lokasi penelitian, sedangkan sifat penelitian ini yaitu bersifat deskriptif. Penulis melakukan penelitian ini melalui wawancara secara langsung dengan 2 dokter dan 2 pasien yang terlibat secara langsung dalam kasus tersebut yang kemudian menjadi populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perlindungan konsumen bagi pasien yang alergi antibiotik terhadap kesalahan pemberian resep obat oleh dokter di Puskesmas Lirik sudah berjalan dengan cukup baik tetapi kehati-hatian dan ketelitian para tenaga medis masih kurang baik sehinga meimbulkan kerugian terhadap pasien. Penyelesaian Masalah yang timbul akibat kesalahan pemberian resep obat terhadap pasien yang Alergi Antibiotik oleh dokter di Puskesmas Lirik diselesaikan di luar pengadilan dengan jalur kekeluargaan dan mencapai kesepakatan bagi para pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jul 2020 05:14
Last Modified: 23 Jul 2020 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28364

Actions (login required)

View Item View Item