Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kalangan Keluarga yang Terkena Sanksi Adat Akibat Kawin Sesuku ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar)

Darmawan, - (2020) Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kalangan Keluarga yang Terkena Sanksi Adat Akibat Kawin Sesuku ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
DARMAWAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Darmawan, (2020): Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kalangan Keluarga yang Terkena Sanksi Adat Akibat Kawin Sesuku ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sanksi adat akibat kawin sesuku di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar adalah kehilangan hak secara adat dan pengasingan dari pergaulan masyarakat Desa Kualu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi pasangan suami isteri yang terkena sanksi adat akibat kawin sesuku di Desa Kualu tentang keluarga sakinah, bagaimana upaya mewujudkan keluarga sakinah di kalangan keluarga yang terkena sanksi adat akibat kawin sesuku di Desa Kualu dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upaya mewujudkan keluarga sakinah di kalangan keluarga yang terkena sanksi adat akibat kawin sesuku di Desa Kualu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Kualu yang terkena sanksi adat akibat kawin sesuku. Sedangkan objek penelitian ini adalah upaya mewujudkan keluarga sakinah di kalangan keluarga yang terkena sanksi adat akibat kawin sesuku ditinjau Menurut Hukum Islam di Desa Kualu. Adapun infroman penelitian ini adalah 6 orang atau sebanyak 3 keluarga yang terkena sanksi adat akibat kawin sesuku di Desa Kualu dan mengambil keseluruhan sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi pasangan suami isteri yang terkena sanksi adat akibat kawin sesuku di Desa Kualu tentang keluarga sakinah yaitu keluarga yang dibina atas ikatan yang sah menurut Islam yang mengamalkan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, diliputi oleh kasih sayang dengan saling menyayangi, setia terhadap pasangan, menghargai satu dengan yang lain, kedamaian dan ketentraman antara kepala rumah tangga, anggota keluarga, lingkungannya dan berakhlakul karimah dengan keluarga suami dan istri begitu juga dengan masyarakat yang berada di lingkungan tempat tinggal serta mampu memanagemen keuangan. Sedangkan upaya mewujudkan keluarga sakinah bagi keluarga yang terkena sanksi adat akibat kawin sesuku di Desa Kualu yaitu melalui pernikahan yang sah, memupuk rasa kasih sayang kepada setiap anggota keluarga, meningkatkan sikap dan tingkah laku islami, bekerja dengan keras agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga, managemen keuangan dengan baik, berkomunikasi kepada pihak keluarga suami dan isteri, dan menjalin silaturrahmi dengan masyarakat. Ditinjau dari hukum Islam, upaya-upaya yang dilakukan oleh pasangan yang terkena sanksi adat akibat kawin sesuku telah sesuai dengan anjuran syariat Islam. Kata kunci: Sanksi Adat, Kawin Sesuku dan Keluarga Sakinah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jul 2020 01:33
Last Modified: 23 Jul 2020 01:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28353

Actions (login required)

View Item View Item