Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 6 PEKANBARU

Indah Sri Anggita, - (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
SKRIPSI INDAH SRI ANGGITA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Indah Sri Anggita,(2020): Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri 6 Pekanbaru Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Perkembangan Kognitif Anak di Kelompok B Taman Kanak- Kanak Negeri 6 Pekanbaru. Penelitian Ini dilaksanakan pada bulan februari 2020 yang bertempat di TK Negeri 6 Kecamatan Tampan Pekanbaru. Subjek dan objek Penelitian ini adalah peserta didik TK Negeri 6 Pekanbaru. objek penelitian ini hubungan antara kecerdasan emosional terhadap perkembangan kognitif anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan test. Teknik yang digunakan analisis data menggunakan uji t-tes dan productmoment dengan menggunakan program SPSS Ver.23. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan perkembangan kognitif. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji-t pada skor kecerdasan emosional kolom T yaitu 6,918. Skor Ttabel pada taraf signifikansi 5% dan 1% dengan Df = N-2 (Df = 20-2 = 18). Maka diketahui Ttabelyaitu secara berurut 2,101 dan 2,878 yang artinya Thitung>Ttabelaik Pada Taraf Signifikansi 5% Maupun 1% (2,101<6,918>2,878). Setelah Pengujian hipotesis dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, maka selanjutnya mengetahui besarnya koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dan perkembangan kognitif skor PearsonCorrelation pada kolom kecerdasan emosional dan perkembangan kognitif sebesar 0,852 atau disebut dengan Rhitung. Kemudian membandingkan dengan Rtabel dengan Df= 18 (N-2), Maka diketahui Rtabel = 0,444. Sehingga dapat dilihat Bahwa Rhitung>Rtabel maka terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan perkembangan kognitif. Hal tersebut dapat juga dintrepetasikan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan perkembangan kognitif yaitu sebesar 0,852 Atau 85,2%. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:58
Last Modified: 23 Jul 2020 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28330

Actions (login required)

View Item View Item