Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA KANTOR PELAYANAN PEMASARAN ASURANSI SYARIAH (KPPAS) PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARIAH

Karmi, - (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA KANTOR PELAYANAN PEMASARAN ASURANSI SYARIAH (KPPAS) PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)

Abstract

ABSTRAK Karmi, (2020) : Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Kantor Pelayanan Pemasaran Asuransi Syariah (KPPAS) Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan antar perusahaan yang semakin ketat, persaingan antar perusahaan tersebut tidak terkecuali dengan perusahaan jasa asuransi syariah. Kepuasan nasabah menjadi sasaran dan sebagai alat pemasaran yang utama bagi perusahaan dalam bidang jasa. PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera KPPAS Pekanbaru melakukan berbagai upaya untuk dapat bersaing dan bertahan menghadapi persaingan yaitu dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya namun tidaklah gampang untuk mewujudkan kepuasan nasabah secara menyeluruh, pada kenyataanya PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera KPPAS Pekanbaru masih menerima keluhan dari nasabah dan jumlah nasabah mengalami fluktuatif dalam 5 tahun terakhir. Maka dirumuskan rumusan masalah yaitu Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera KPPAS Pekanbaru, Bagaimana tinjauan ekonomi syariah mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT Asuransi Jiwa Syariah KPPAS Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu 1 orang pimpinan, 3 orang karyawan dan nasabah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera KPPAS Pekanbaru yang berjumlah 354 orang, metode yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan dua metode yaitu untuk pimpinan dan karyawan yang berjumlah 4 orang menggunakan metode Total Sampling, sedangkan untuk nasabah menggunakan rumus slovin sehingga didapat sampel sebanyak 78 orang dengan teknik Accidental Sampling, teknik pengumpulan data studi pustaka, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis penelitian menggunakan SPSS 25. Terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera KPPAS Pekanbaru. Hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 8,837>1,992 yang berarti H0 ditolak H1 diterima, hasil uji regresi linier sederhana Y= 16,203 + 0,845X artinya apabila variabel kualitas pelayanan ditingkatkan 1 satuan maka kepuasan nasabah juga akan meningkat sebesar 0, 845, dan (+) yang berarti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dan hasil koefisien determinasi sebesar 0,507 yang artinya kualitas pelayanan memberikan pengaruh sebesar 50,7% terhadap kepuasan nasabah dan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Ditinjau dari Ekonomi Syariah, kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak asuransi sudah sesuai dengan etika pelayanan yang baik menurut syariah yaitu memiliki kepribadian spiritual (Takwa), berperilaku baik dan simpatik, berlaku adil dalam berbisnis ( Al-Adl), melayani dengan senyum dan rendah hati, selalu menepati janji dan tidak curang (Tathfif) serta jujur dan terpercaya. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jul 2020 03:34
Last Modified: 16 Jul 2020 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28269

Actions (login required)

View Item View Item