Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALYSIS OF DISTORTION FOR ISLAMIC TERMS USED IN ENGLISH TEXTBOOKS FOR ISLAMIC UNIVERSITY STUDENTS BASED ON AL-FARUQI’S CONCEPT

Edi Setiawan, - (2020) ANALYSIS OF DISTORTION FOR ISLAMIC TERMS USED IN ENGLISH TEXTBOOKS FOR ISLAMIC UNIVERSITY STUDENTS BASED ON AL-FARUQI’S CONCEPT. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Revisi Minus Bab IV pakai foto ok.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
Revisi KHUSUS BAB IV ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Edi Setiawan (2020) : Analysis Of Distortion For Islamic Terms Used In English Textbooks For Islamic University Students Based On Al-Faruqi’s Concept Islam yang di bawa oleh Rasulullah S.A.W, berjaya dan menjadi rujukan peradaban dunia pada masa Dinasti Umayyah, Abbasiyah dan dinasti lainya yang akhirnya runtuh pada masa Turki Utsmani (1924 M) yang kemudian menjadikan peradaban barat sebagai pusat rujukan perdaban dnia. Dalam kondisi seperti ini munculah ide besar untuk mengembalikan kejayaan umat Islam khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan, konsep itu dikenal dengan Islamisasi ilmu yang dimotori oleh Syed Naquib Al-Attas dan Ismail Raji Al-Faruqi. Dari kedua ilmuan tersebut, Al-Faruqi secara khusus menuangkan konsep Islamisasi ilmu dalam konteks pengajaran Bahasa Inggris dengan membuat buku panduan “Toward Islamic English”. Hal ini yang kemudian mendorong penulis untuk memeneliti tiga buku, “Islamic English” yang dikarang oleh Professor Muhibbin Syah, “English for Islamic Studies” oleh Professor Djamaluddin Darwis and “English for Islamic Studies” oleh Doktor Kardimin, untuk mengkaji apa saja meteri-materi keislaman yang dipadukan dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan apakah buku tersebut buku tersebut mengaplikasikan panduan tentang distorsi istilah-istilah Islam yang dibuat oleh AlFaruqi atau tidak. Hasil akhir menunjukkan, dari ketiga buku tersebut, muatan tentang “aqidah” lebih banyak dari pada muatan tentang “syariah” dan “akhlak” dan dalam ketiga buku tersebut juga didapati distorsi dalam transliterasi dan translasi istolah-istilah Islam dalam bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:12
Last Modified: 15 Jul 2020 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28257

Actions (login required)

View Item View Item