IMPLEMENTASI KEPMENDIKNAS NOMOR 044/4/2002 TENTANG PERANAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU

MULKANUDDIN, - (2020) IMPLEMENTASI KEPMENDIKNAS NOMOR 044/4/2002 TENTANG PERANAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
MULKANUDDIN OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
17. BAB IV ACC.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)

Abstract

Komite sekolah yang dibahas adalah komite sekolah versi Kepmendiknas nomor 044/U/2002. Komite sekolah inilah yang benar-benar diharapkan dapat menjadi lembaga mandiri yang menjadi wadah peran serta orang tua dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah Implementasi Kepmendiknas No: 044/4/2002 Tentang Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Rumsan masalah dalam penelitian ini: 1)Bangaimana Implementasi Kepmendiknas No:044/4/2002 Tentang Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. 2) Apa Faktor pendorong dan penghambat tentang peranan komite sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan diMadrasah Tsanawiyah Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk implementasi Kepmendiknas No: 044/4/2002 Tentang Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu keseluruhan Ketua komite dan Kepala Sekolah di MTs Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 4 orang yang terdiri dari ketua komite dan kepala MTs Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan rumusan masalah adalah 1)Komite Madrasah belum mampu melaksanakan perannya sebagai pemberi pertimbangan, sebagai badan penghubung, sebagai badan pengontrol dan sebagai badan penghubung. Khusus dalam penggalangan dukungan dana dari masyarakat seperti dunia usaha/dunia industri, maupun dari tokoh masyarakat yang peduli pendidikan, Komite Madrasah belum mampu dan hanya memanfaatkan sumber dana yang berasal dari bantuan orang tua siswa dengan pengutipan uang komite madrasah. 2) Komite Madrasah belum dapat menjalankan perannya secara maksimal sebagaimana yang diamanatkan Keputusan Mendiknas Nomor 044/4/2002 dan ini disebabkan pihak sekolah/satuan pendidikan belum memberikan kepercayaan maupun kewenangan penuh kepada komite Madrasah. Kata Kunci: Implementasi, Peranan, Komite Sekolah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 Jul 2020 03:56
Last Modified: 16 Jul 2020 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28252

Actions (login required)

View Item View Item