Dewi Purnamawati, - (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Jama’ah PT. Pandi Kencana Murni Tours Pekanbaru Dalam Menyelenggarakan Ibadah Umrah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNVERSITAS ISLAM NEGERI SUTLAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
|
Text
REVISI SKRIPSI DEWI PURNAMAWATI.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Dewi Purnamawati (2020) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Jama’ah PT. Pandi Kencana Murni Tours Pekanbaru Dalam Menyelenggarakan Ibadah Umrah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam” Penelitian ini dilakukan pada PT. Pandi Kencana Murni Tours Pekanbaru, yang melatar belakangi penelitian ini yaitu karena semakin ketatnya persaingan didunia bisnis, membuat para pengusaha bisnis berfikir keras bagaimana cara untuk mempertahankan dan meningkatkan konsumennya, Travel Haji dan Umrah merupakan salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa. Agar dapat memenangkan persaingan yang semakin hari semakin kompetitif, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanannya, Sehingga dapat membuahkan loyalitas jama’ah untuk menyelenggarakan ibadah Umrah pada biro perjalanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Jama’ah PT. Pandi Kencana Murni Tours Pekanbaru Dalam Menyelenggarakan Ibadah Umrah. Dan tinjauan ekonomi Islam tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Jama’ah PT. Pandi Kencana Murni Tours Pekanbaru Dalam Menyelenggarakan Ibadah Umrah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jama’ah PT. Pandi Kencana Murni Tours Pekanbaru. dengan sampel sebanyak 83 orang jama’ah. Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan cara random, yaitu dengan memberian numbering pada masing-masing jama’ah umrah dalam populasi, kemudian dilakukan pemilihan secara acak. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling, Jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi kepada jama’ah PT. Pandi Kencana Murni Tours Pekanbaru. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, maka penulis dapat menarik suatu kesimpulan sebagai berikut:regresi linier berganda Y= 0,142X1+0,127X2+0,231X3-0,044X4+0,846X5. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, maka dapat dilihat bahwa yang paling berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen adalah variabel empati dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,846 (8,46persen). Variabel bukti langsung berpengaruh positif tetapi tidak signifikan dengan nilai koefesien regresi sebesar 0,142 (14,4 persen). Variabel kehandalan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan dengan nilai koefesien regresi sebesar 0,127 (12,7 persen). Variabel daya tanggap berpengaruh positif tetapi tidak signifikan dengan nilai koefesien regresi sebesar 0,231 (2,31 persen). Sedangkan variabel jaminan tidak berpengaruh positif dan juga tidak signifikan terhadap keputusan jama’ah. Hal ini dapat ditunjukkan nilai signifikan (P value) sebesar 0,044 yang lebih besar dari 0,05. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F (secara bersama-sama atau smultan) dapat dijelaskan bahwa kelima variable yaitu bukti langsung (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) terhadap variabel terikat kepuasan konsumen (Y) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan dari nilai F hitung sebesar 187,104 dengan angka signifikansi (P Value) sebesar 0,000<0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan adalah 0,919. Hal ini berarti sebesar 9,19 persen perubahan variabel keputusan jama’ah dapat dijelaskan oleh perubahan variabel bukti langsung, kehandalan, jaminan, daya tanggap, dan empati secara bersama-sama, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Menurut tinjauan ekonomi Islam, kualitas pelayanan dan keputusan jama’ah PT. Pandi kencana Murni Tours Pekanbaru sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam dan tidak bertentangan dengan Syariat Islam. Dilihat dari Tangiable (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati) dan membuat para jama’ah merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan, seperti jujur, amanah, ramah, dan sopan. Islam mengajarkan apabila ingin memberikan hasil usaha baik berupa barang maupun pelayanan/jasa hendaknya memberikan yang berkualitas, jangan memberi yang buruk atau yang tidak berkualitas kepada orang lain, sehingga loyalitas seorang konsumen terhadap produk atau jasa tidak akan merugikan. salah satu manajemen yang dilakukan agar dapat menarik minat jama'yaitu dengan melakukan pendekatan psikologis dan mengkombinasikan keunggulan-keunggulan mereka, untuk dapat menarik minat jama’ah dan mempertahankan pelanggannya. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan, karena ini merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keputusan jama’ah untuk menyelenggarakan Haji dan Umrah pada biro perjalanan tersebut. biro perjalanan pada PT. Pandi Kencana Murni Tours Pekanbaru. Kata Kunci: (Tangiable), (Reliability), (Responsivensess), (Assurance), (Empathy), Keputusan Jama’ah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 03:34 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 03:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28245 |
Actions (login required)
View Item |