Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

ZULHENDRI, - (2020) Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ZULHENDRI.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Zulhendri, (2020): Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Open-ended dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open-ended berdasarkan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Tambang, dengan sampel kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan perolehan Fhitung > Ftabel yaitu Fhitung = 7,63 dan Ftabel = 4,03 dimana yang lebih baik yaitu kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 31,65 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 26. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika berdasarkan disposisi matematis tinggi, sedang dan rendah dengan perolehan Fhitung > Ftabel yaitu 11,31 > 3,168 3) Tidak terdapat interaksi penerapan pendekatan pembelajaran dan disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan perolehan F(A x B)hitung= < FTabel yaitu -0,25 < 3,18. Maka pendekatan Open-ended dapat digunakan dalam mempemgaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: Open-ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2020 05:03
Last Modified: 23 Jul 2020 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28243

Actions (login required)

View Item View Item