LIVING QUR’AN : TRADISI RATIB SAMMAN DALAM TAREKAT NAQSABANIYAH DI YAYASAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN PEKANBARU DALAM PRESPEKTIF AL-QUR’AN

FITRI AULIA BAKRI, - (2020) LIVING QUR’AN : TRADISI RATIB SAMMAN DALAM TAREKAT NAQSABANIYAH DI YAYASAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN PEKANBARU DALAM PRESPEKTIF AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FITRI AULIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Living Qur’an : Tradisi Ratib Samman dalam Tarekat Naqsabandiyah di Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan Pekanbaru dalam Prespektif al-Qur’an”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan tradisi Ratib Samman di Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan Pekanbaru dan pandangan al-Qur’an terhadap tradisi Ratib Samman tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yakni penelitian yang dilakukan secara sitematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan dengan hasil penelitian berupa kata, kalimat, gambar taupun skema. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa tradisi Ratib Samman ini berasal dari ajaran tarekat Sammaniyah dan pelaksanana tradisi tersebut merupakan hasil presepsi dari para pembesar ajaran tarekat terhadap terhadap Q.S. ali-Imran ayat 191 yang juga dijadikan sebagai landasan dalil utama dalam pelaksanaan tradisi ini. Didapati juga bahwa pandangan al-Qur’an terhadap tradisi ini diperbolehkan, karena sesuainya pelaksanaan tradisi dengan ayat al-Qur’an berkenaan zikir yang ada, dan adanya hadis nabi yang berkaitan dan menjelaskan tentang proses pelaksanaan tradisi. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pelaksanaan tradisi ini memiliki dalil landasan masing-masing, mulai dari waktu pelaksanaan, proses pelaksanaan serta ayat-ayat ataupun kalimat zikir yang dibacakan saat berlangsungnya proses tradisi. Model tradisi seperti ini juga sudah dilakukan sejak zaman khalifah Abu Bakar as-siddiq. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasannya pelaksanaan tradisi Ratib Samman di Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan Pekanbaru sesuai dengan ajaran islam, terdapat dalil ayat al-Qur’an ataupun hadis yang sesuai dan menjelaskan tentang pelaksanaan tradisi tersebut, serta adanya pengaruh spiritual yang dirasakan oleh para santri yang mengikuti tradisi, yakni ketenangan hati dan kekhusyukan dalam pelaksanaan ibadah. Kata kunci : Tradisi Ratib Samman, zikir, Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan Pekanbaru, living quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:03
Last Modified: 15 Jul 2020 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28225

Actions (login required)

View Item View Item