Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DENGAN PROSES PRODUKSI SECARA TRADISIONAL (STUDI KASUS: KABUPATEN INDRAGIRI HILIR)

Hafiz Abdillah, - (2020) ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DENGAN PROSES PRODUKSI SECARA TRADISIONAL (STUDI KASUS: KABUPATEN INDRAGIRI HILIR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
FILE LENGKAP SAMPAI LAMPIRAN KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fluktuasi harga kelapa yang tinggi mengakibatkan petani kelapa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir mengalami ketidakpastian terhadap kondisi perekonomiannya, sehingga diperlukan produk turunan dari kelapa seperti Virgin Coconut Oil (VCO) yang dapat diolah dengan sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung kelayakan usaha pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) yang diolah dengan cara tradisional dan menganalis indikator sensitif dari setip aspek yang dikaji. Hasil kualitas Virgin Coconut Oil (VCO) yang diolah secara tradisional sangat bergantung pada bahan baku dan proses pengolahannya. Parameter untuk analisis kelayakan usaha yang digunakan adalah analisis aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan SDM, aspek hukum dan legalitas, dan aspek finansial dan ekonomi Kemudian untuk menghitung indeks kelayakan menggunakan Metode Multi Dimensional Scaling (MDS). Hasil analisis kelyakan diperoleh bahwa aspek finansial dan ekonomi diperoleh nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp. 49.642.891, Internal Rate of Retrun (IRR) sebesar 53,10%, Gross Benefi Cost Ratio (Gross B/C) sebesar 1,88, Profitability Ratio (PR) sebesar 5,48, Payback Period (PP) yaitu 22 hari, dan Break Event Point (BEP) pada 28 unit dan Rp. 3.747.335. Selanjutnya indeks kelayakan yang diperoleh menunjukkan bahwa semua aspek dikatakan layak. Status kelayakan pada aspek pasar dan pemasaran sebesar 83,50%, teknis dan teknologi sebesar 52,28%, manajemen dan SDM sebesar 60,91%, hukum dan legalitas sebesar 65,40 %, dan finansial dan ekonomi 74,83%. Kata kunci: Kelayakan, Proses tradisional, VCO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:50
Last Modified: 14 Jul 2020 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28206

Actions (login required)

View Item View Item