Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru.

MUTIARA JAIZ, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
MUTIARA JAIZ.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Mutiara Jaiz, (2020) : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku melalui penerapan model pembelajaran numbered head together di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa diantaranya siswa kurang menghargai pendapat siswa lain, siswa kurang mampu dalam bertanya ketika pembelajaran telah usai, dan siswa kurang berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 35 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran numbered head together dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali petemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang mencakup analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh persentase keterampilan sosial siswa mencapai 54,4% atau berada pada kategori cukup. Kemudian dilakukan tindakan dengan model pembelajaran numbered head together pada siklus I, keterampilan sosial siswa sedikit meningkat dengan persentase 62,2% atau berada pada kategori baik. Pada siklus II, keterampilan sosial siswa meningkat dengan persentase 75,7% dengan kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran numbered head together pada tema Indanya Keragaman di Negeriku dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together, Keterampilan Sosial Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:30
Last Modified: 14 Jul 2020 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28186

Actions (login required)

View Item View Item