Vina Nurkholis, - (2020) Penerapan Metode Brainstorming dengan Media Berbasis Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas VB Sekolah Dasar 192 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
|
Text
VINA NURKHOLIS.pdf Download (20MB) |
Abstract
ABSTRAK Vina Nurkholis, (2020): Penerapan Metode Brainstorming dengan Media Berbasis Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas VB Sekolah Dasar 192 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode brainstorming yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema panas dan perpindahannya di kelas VB Sekolah Dasar 192 Pekanbaru kecamatan Tampan kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 29 siswa VB Sekolah Dasar 192 Pekanbaru kecamatan Tampan kota Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode braintroming dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada sebelum tindakan terhadap kemampuan berpikir kritis didapatkan hasil adalah 10 orang siswa atau dengan presentase 34,48% dengan kategori kritis dan 19 orang siswa atau dengan presentase 65,51% dengan kategori kurang. Kemudian dilakukan perbaikan dengan menggunakan metode brainstorming , siklus 1 kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi kategori kritis adalah 17 orang siswa atau dengan persentase 58,62%, dan dalam kategori cukup kritis adalah 3 orang siswa atau dengan persentase 10,34% sedangkan yang kategori kurang kritis adalah 9 orang atau dengan persentase 31,03%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan terdapat pada kategori sangat kritis 2 orang siswa atau dengan persentase 6,89%,kategori kritis 18 orang siswa atau dengan persentase 62,06%,dan kategori cukup kritis 5 orang siswa atau dengan persentase 17,24%,sedangkan dalam kategori kurang kritis terdapat 4 orang siswa atau dengan persentase 13,79%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa metode Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema panas dan perpindahannya di kelas VB Sekolah Dasar 192 Pekanbaru kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Kata kunci: Metode Brainstorming, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 04:40 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 04:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28180 |
Actions (login required)
View Item |