Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA AL-BAGHYU DALAM AL-QURẬN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK)

Ahmad Ridho Arrasyidi, - (2020) MAKNA AL-BAGHYU DALAM AL-QURẬN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini mengkaji tentang makna al-Baghyu dalam al-Qurận dalam kajian tafsir tematik. Karena permasalahan al-Baghyu ini sangat penting dan salah satu bentuk dari al-Baghyu adalah tindakan persekusi. Al-Qurận sangat melarang perbuatan al-Baghyu. Maka hal ini sangat menarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang makna al-Baghyu dalam al-Qurận dan solusinya. Hal ini untuk mengetahui penafsiran para mufassir tentang al-Baghyu di dalam Al-Qurận dan mengetahui makna yang terkandung di dalam kata al-Baghyu serta solusi yang diberikan al-Qurận tentang al-Baghyu. Penelitian ini merupakan library research (penelitian kepustakaan) dengan metode maudhu’iy dan bersifat deskriptif serta melalui pendekatan content analysis yaitu analisis buku dan kitab-kitab tafsir. Penulis mengambil beberapa ayat tentang al-Baghyu yaitu Q.S al-Baqarah : 90, 173, Q.S al-An’am : 146, Q.S al-A’rậf: 33, Q.S asy-Syûrậ: 39, 42, Q.S Yûnus: 23, Q.S an-Nûr : 33, Q.S al-Jumu’ah : 10. Kemudian segala perbuatan yang pada hakikatnya merupakan bentuk pelampauan batas antar sesama manusia yang telah keluar dari ketentuan-ketentuannya yang dinamakan dengan al-Baghyu. Al-Baghyu memberikan dampak buruk bagi jiwa dan harta manusia. solusi bagi kita untuk menjahui al-Baghyu yaitu dengan cara selalu bersyukur atas nikmat Allah, menjauhi sifat hasad, sombong dan menanamkan di dalam diri sikap amar ma’rûf nahi munkậr. Kata kunci: al-Baghyu, al-Qurận.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:47
Last Modified: 13 Jul 2020 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28178

Actions (login required)

View Item View Item