Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH HARGA DAN GARANSI LIFETIME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUPPERWARE PADA DESMA TUPPERWARE PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH

Halima Tussyakdiah S, - (2020) PENGARUH HARGA DAN GARANSI LIFETIME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUPPERWARE PADA DESMA TUPPERWARE PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)

Abstract

ABSTRAK Halima Tussyakdiah S (2020) : “Pengaruh Harga Dan Garansi Lifetime Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Pada Desma Tupperware Di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Di Tinjau Dari Ekonomi Syariah” Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana meningkatnya penjualan produk Tupperware pada Desma Tupperware. Seperti yang diketahui produk Tupperware memiliki harga yang tinggi jika dibandingkan dengan produk yang sejenis. Hal ini bertolak belakang dengan teori, yaitu jika harga produk rendah maka permintaan produk tinggi dan jika harga tinggi maka permintaan produk pun rendah. Walaupun Tupperware memiliki harga tinggi, namun harga tersebut sudah termasuk garansi lifetime, dimana garansi ini merupakan salah satu atribut produk yang menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli produk. Begitupun dengan keputusan pembelian yang juga dikatakan perilaku pembelian seseorang dalam menentukan suatu pilihan produk untuk mencapai kepuasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel harga dan garansi lifetime terhadap keputusan pembelian produk Tupperware pada Desma Tupperware di Pangkalan Kerinci dan bagaimana tinjauan ekonomi Syariah mengenai harga dan garansi lifetime pada Desma Tupperware dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian secara kuantitatif korelatif yang dilakukan pada agen Desma Tupperware yang berlokasi di Jl. Maharaja Indra Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Tupperware yang berjumlah 278 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 73 responden yang didapat menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang diperoleh langsung dari Wawancara dan Angket atau Kuisioner dan sumber data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, jurnal dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Selanjutnya penulis menganalisa data menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 13.206 + 0.788X1 + 0.477X2 + e artinya bahwa variabel harga dan garansi lifetime berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian. Secara parsial variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan thitung > ttabel yaitu 4.719 > 1.994. sedangkan variabel garansi lifetime berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan thitung > ttabel yaitu 2.554 > 1.994. Secara simultan harga dan garansi lifetime berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung > Ftabel yaitu 32.565 > 3.13. Untuk uji R2 sebesar 0.482. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (Harga dan Garansi Lifetime) terhadap naik turunnya variabel dependen (Keputusan Pembelian) adalah sebesar 48.2% dan sisanya 51.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas didalam penelitian ini. Pada koefisien korelasi diketahui R sebesar 0.694. Artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (Harga dan Garansi Lifetime) dengan variabel dependen (Keputusan Pembelian) memiliki hubungan yang kuat. Ditinjau menurut Ekonomi Syariah, bahwa Harga dan Garansi Lifetime pada produk Tupperware telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah yang melakukan transaksi secara rela sama rela dan memperhatikan harga yang sesuai dengan kualitas pada produk dan garansi lifetime yang bertujuan menyambung silaturahmi sehingga menerapkan sikap tolong menolong sesama manusia, serta keputusan pembelian yang dalam mengkonsumsi suatu produk diperlukannya sikap mencari informasi sehingga dapat membeli suatu produk sesuai dengan kebutuhan. Dari praktek yang dijalankan oleh Desma Tupperware tidak ada ditemui hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam. Keyword : Harga, Garansi Lifetime, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Jul 2020 03:09
Last Modified: 14 Jul 2020 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28175

Actions (login required)

View Item View Item