Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS KETIDAKJELASAN INFORMASI OLEH PELAKU USAHA PENJUALAN BAN BEKAS BERDASARKAN UNDANG- UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi. Pasar Bawah Senapelan Kota Pekanbaru)

DENI ILHAM, - (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS KETIDAKJELASAN INFORMASI OLEH PELAKU USAHA PENJUALAN BAN BEKAS BERDASARKAN UNDANG- UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi. Pasar Bawah Senapelan Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBASAN.pdf

Download (498kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Ketidakjelasan Informasi Oleh Pelaku Usaha Penjualan Ban Bekas Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi. Pasar Bawah Senapelan Kota Pekanbaru) Tujuan dalam penelitian ini tentunya untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen atas ketidakjelasan informasi oleh pelaku usaha penjualan ban bekas di sekitaran pasar bawah Senapelan Kota Pekanbaru berdasarkan Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta faktor pendorong terjadinya praktek perdagangan ban bekas di sekitaran pasar bawah Senapelan kota Pekanbaru. Penelitian ini berlokasi di pasar bawah Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Di mana terdapat 8 (delapan) pemilik usaha Ban bekas yang menjadi obyek penelitian. Penulis mengumpulkan data berdasarkan pengamatan (Observation), wawancara (Interview), dan studi dokumen. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka dapat diambil sebuah hasil bahwa Bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pada produk ban bekas terdapat dalam pasal 9 ayat 1 Undang-Undang Perlindungan Konsumen bahwa “pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklankan suatu barang/atau jasa tidak benar, dan/ atau seolah-olah: barang tersebut tidak mengandung cacat tersembunyi. Disisi lain pelaku usaha telah beritikad baik dengan cara melakukan ganti kerugian kepada konsumen dan memenuhi hak-hak konsumen sesuai pada Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Dalam pasal 4 huruf d bahwa “hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya praktek perdagangan ban bekas di sekitaran pasar bawah, diantaranya: Faktor internal adalah faktor yang bersumber dari dalam diri individu yang bersangkutan terdiri dari pekerjaan, sikap dan keyakinan, serta motivasi. Kemudian faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri individu yang bersangkutan yang terdiri dari budaya, sosial, harga, dan kualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jul 2020 02:27
Last Modified: 15 Jul 2020 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28169

Actions (login required)

View Item View Item