Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP KERJASAMA PENGELOLAAN PERKEBUNAN KELAPA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI DESA KUALA SELAT KECAMATAN KATEMAN INDRAGIRI HILIR

Nurhikmah, - (2020) TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP KERJASAMA PENGELOLAAN PERKEBUNAN KELAPA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI DESA KUALA SELAT KECAMATAN KATEMAN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhikmah, (2020): “Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap Kerjasama Pengelolaan Perkebunan Kelapa dalam Meningkatkan Pendapatan di Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman Indragiri Hilir” Penelitian ini dilatar belekangi bahwa potensi lahan di Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman Indragiri Hilir sangatlah besar karena permintaan terhadap buah kelapa juga besar sehingga banyak pemilik kebun melakukan kerjasama terhadap masyarakat sekitar, mereka sudah melakukan kerjasama lebih kurang 5 tahun namun fenomena yang masih dijumpai dilapangan para masyarakat yang bekerja belum bisa meningatkan perekonomiannya. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kerjasama pengelolaan perkebunan kelapa dalam meningkatkan pendapatan petani Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman Indragiri Hilir, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat, Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap kerjasama pengelolaan perkebunan kelapa dalam meningkatkan pendapatan petani. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman Indragiri Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik perkebunan kelapa dan pengelola, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah tinjauan ekonomi syariah terhadap kerjasama pengelolaan perkebunan kelapa dalam meningkatkan pendapatan petani Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja berjumlah 40 orang. Semua populasi dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan study kepustakaan. metode yang digunakan dalam analisis data adalah Deskriptif Kualitatif adalah metode analisis data dengan mengunakan pengumpulan data secara sistematis, menganalisis serta menginterprestasikan data sehingga memperoleh gambaran dan informasi mengenai masalah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa kerjasama pengelolaan perkebunan kelapa dalam meningkatkan pendapatan petani Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman Indragiri Hilir didapat bahwa planning bagus seperti akad yang jelas dengan tanggapan 38 orang atau 95%, namun controlling dari segi pengawasan masih kurang dengan tanggapan 31 orang atau 77,5%, dan untuk memenuhi kebutuhan pokok sudah terpenuhi dengan tanggapan 32 orang atau 80%. adapun faktor pendukung yaitu keahlian petani, peralatan petani dan tingginya permintaan. Sedangkan faktor penghambat yaitu akses jalan dan kondisi alam. Tinjauan ekonomi syariah terhadap kerjasama pengelolaan perkebunan kelapa dalam meningkatkan pendapatan petani Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman Indragiri Hilir belum sepenuhnya sesuai dengan ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jul 2020 03:35
Last Modified: 13 Jul 2020 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28165

Actions (login required)

View Item View Item