Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

تأثير تحفيظ الق رآن على تركيز تعلم اللغة العربية لدى تلاميذ الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية بمعهد دار النهضة طوالب بنجكينانج

Mawaddah Salim, - (2020) تأثير تحفيظ الق رآن على تركيز تعلم اللغة العربية لدى تلاميذ الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية بمعهد دار النهضة طوالب بنجكينانج. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
SKRIPSI MAWADDAH SALIM.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Mawaddah Salim, (2020) : Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Bahasa Arab Santri Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Bahasa Arab Santri Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Adapun rumusan masalahnya adalah: Apakah hafalan Al-Qur’an berpengaruh terhadap konsentrasi belajar bahasa Arab santri kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang?. Populasinya adalah seluruh santri Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang yang berjumlah 304orang dan diambil sampel sebanyak 30 orang. Subjek penelitiannya adalah seluruh santri kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Objek penelitiannya adalah Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Bahasa Arab. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dari analisis data akhir diperoleh bahwa deskripsi menggunakan tabel nilai F hitung adalah 11,868 lebih besar dari F tabel = 4,183 maka artinya Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau terdapat pengaruh dan Hipotesis Nol (Ho) ditolak, nilai signifikansinya = 0,02 lebih kecil dari 0,05 artinya sangat signifikan. Maknanya adalah Jika santri memiliki banyak hafalan Al-Qur’an maka akan lebih tinggi konsentrasi santri di dalam belajar bahasa Arab. Namun sebaliknya, Jika santri memiliki sedikit hafalan Al-Qur’an maka akan lebih rendah konsentrasi santri di dalam belajar bahasa Arab. Kata Kunci : Pengaruh, Hafalan Al-Qur’an,Konsentrasi Belajar Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:04
Last Modified: 13 Jul 2020 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28161

Actions (login required)

View Item View Item