Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

‘UZLAH DALAM AL-QUR’AN (Kajian Tafsir Tematik)

Rahma Dwi Alfisa, - (2020) ‘UZLAH DALAM AL-QUR’AN (Kajian Tafsir Tematik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
SKRIPSI RAHMA DWI ALFISA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini mengkaji tentang „UZLAH DALAM AL-QUR‟AN (Kajian Tafsir Tematik), yakni mengkaji makna „uzlah dalam al-Qur‟an menurut mufassir dan praktek-praktek „uzlah di zaman sekarang. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah identifikasi ayat-ayat tentang „uzlah yang relevan dengan kondisi zaman sekarang. Dengan demikian diharapkan dapat menjadi suatu solusi dalam memahami bentuk „uzlah yang dibenarkan menurut al-Qur‟an dan dengan adanya contoh-contoh praktek „uzlah yang telah dipaparkan mampu memberi pemahaman tentang „uzlah yang benar dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research), sementara metode yang digunakan adalah studi tematik. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian ini melalui penelitian pustaka. Serta dalam menganalisis kajian ini menggunakan metode maudhu‟iy, yaitu menghimpun ayat-ayat yang berkenaan dengan „uzlah, dengan merujuk pada al-Qur‟an, data primer, dan data sekunder. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan , dapat disimpulkan bahwa kata „uzlah dalam al-Qur‟an disebutkan dengan bervariasi tetapi memiliki makna yang sama, yakni mengasingkan diri dari kehidupan sosial masyarakat dengan tujuan menyelamatkan diri serta akidahnya. Selain itu, dalam penelitian dapat diketahui bahwa masih ada praktek-praktek „uzlah yang berkembang di zaman sekarang. Wallahu a‟lam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 13 Jul 2020 03:25
Last Modified: 13 Jul 2020 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28156

Actions (login required)

View Item View Item