Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE PHENOMENON OF HUMAN BRAIN AS SLEEP IN THE AL-QUR’AN AND NEUROSCIENCE PERSPECTIVE A RESEARCH

Raden Kurnia Kholiska, - (2020) THE PHENOMENON OF HUMAN BRAIN AS SLEEP IN THE AL-QUR’AN AND NEUROSCIENCE PERSPECTIVE A RESEARCH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)

Abstract

ABSTRAK FENOMENA KERJA OTAK MANUSIA KETIKA TIDUR DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN NEUROSAINS Oleh: Raden Kurnia Kholiska NIM: 11632200522 Skripsi ini berjudul “Fenomena Kerja Otak Manusia Ketika Tidur dalam Pandangan Al-Qur’an dan Neurosains, bertujuan untuk mengetahui ayat dalam al-Qur’an yang membahas kerja otak manusia saat tidur serta menganalisisnya dalam ilmu saraf (neurosains). Dalam Surah Al-Kahfi ayat 18 yang berkisah pemuda yang tertidur beratus tahun didalam goa dan dijelaskan dalam penafsiran yang bercorak ilmiah yaitu tafsir Mafatihul Ghaib dan al Jawahir fi Tafsir al-Qur’an al Karim bahwasanya fenomena otak tetap aktif dan bekerja ketika manusia sedang tidur. Fenomena yang telah berhasil menghasilkan penemuan terbaru mengajak penulis berpikir, menganalisa serta menemukan kecocokan antara Al-Quran dan penemuan sains. Jenis penelitian ini adalah Library Research (Kepustakaan). Pengumpulan data dilakukan dengan mengutip, dan menganalisis literatur-literatur yang representatif dan relevan dengan masalah kerja otak manusia ketika tidur dalam perspektif tafsiran al-Qur’an, dan neurosains. Adapun metode yang digunakan dalam mengungkapkan kerja otak manusia saat tidur adalah menggunakan metode perbandingan antara al-Qur’an dan Neurosains. Kesimpulan dari kajian ini adalah penggunaan kata tidur di dalam al-Qur’an sangat banyak. Seperti naum, hojoo’, nu’as, dan ruqud. Namun memiliki arti yang berbeda dalam setiap kata. Ruqud yang berarti tidur (yang tidak ladzim dilakukan). Tidur yang sangat lama seperti yang terdapat dalam kisah ashabul kahfi ayat 18 kata aiqazhan wa hum ruqud. Kata aiqazhan dalam terjemahan artinya bangun. Namun dalam penafsiran mengatakan seperti sedang terbangun. Sedangkan analisis dalam ilmu neurosains kata aiqazhan seperti terbangun adalah karena sedang mengalami Gerak Mata Cepat (REM). Kata kunci : Surah Al-Kahfi ayat 18, Tidur, REM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 13 Jul 2020 03:31
Last Modified: 13 Jul 2020 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28128

Actions (login required)

View Item View Item