Anifah Naswan Ilhamda Putri, - (2020) MINIMASI WAKTU TUNGGU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN HEALTHCARE DAN SIMULASI ARENA. Skripsi thesis, Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
BAB 1-6 KECUALI 4 DAN 5.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV DAN V)
BAB 4 DAN 5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Masalah rawat jalan poli tulip Rumah Sakit Syafira Pekanbaru adalah tidak memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit untuk waktu tunggu karena waktu tunggu ≥ 60 menit, sehingga tidak sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 65 tahun 2005. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi non value added activity dan waste yang paling berpengaruh pada proses pelayanan dan memberikan usulan perbaikan terhadap waktu tunggu pelayanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah lean yang digunakan untuk menghilangkan waste dan tools yang digunakan pada penelitian ini adalah waste relationsip matrix yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar waste, root cause analysis yang digunakan untuk mengetahui akar penyebab masalah, simulasi arena digunakan untuk megetahui usulan jumlah pasien yang dilayani dalam 1 kali siklus pelayanan serta waktu tunggu yang seharusnya dan future state value stream mapping digunakan untuk mengetahui process cycle efficiency proses pelayanan berdasarkan aktivitas dan waktu usulan yang diberikan apakah sudah mencapai standar. Hasil dari penilitian ini adalah waste yang berpengaruh menyebabkan waste delay adalah waste unnecessary movement dan lost oppurtunity to retain or win customers yaitu sebesar 22,11%, akar penyebab permasalahan waste delay menurut KASUBAG asuhan dan keperawatan adalah tidak adanya sistem yang menghubungkan antar loket sehingga terjadi miss communication, hasil simulasi arena jumlah pasien yang dilayani dalam 1 kali siklus pelayanan adalah 30 pasien dan waktu tunggu seharusnya yaitu 646 detik dan hasil PCE future state value stream mapping adalah sebesar 36,18%. Nilai PCE saat ini adalah 16,85% sedangkan nilai PCE untuk aktivitas dan waktu yang diusulkan adalah 36,18%. Ini menunjukkan proses pelayanan rawat jalan BPJS sudah lean.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 01:58 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 01:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28108 |
Actions (login required)
View Item |