Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEISTIMEWAAN SUKU QURAISY DALAM AL-QUR’AN (Kemukjizatan al-Qur’an dari Segi Kisah)

NURHAINA RAJA BIAH, - (2020) KEISTIMEWAAN SUKU QURAISY DALAM AL-QUR’AN (Kemukjizatan al-Qur’an dari Segi Kisah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NURHAINA RAJA BIAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Al-Qur'an memiliki beberapa kemukjizatan, salah satunya dapat dilihat dari segi kisah yang tercantum di dalamnya, dimana kisah-kisah memiliki tujuan dan rahasia masing-masing. Salah satu kisah yang banyak diceritakan dalam al- Qur’an adalah kisah mengenai suku Quraisy, bahkan mereka mendapat suatu keistimewaan dengan diturunkannya satu surah yakni surah Quraisy yang khusus menceritakan tentang mereka. Dari sini penulis tertarik untuk mengkaji mengapa dari sekian banyak suku yang ada pada bangsa Arab, Suku Quraisy lah yang banyak diceritakan dalam al-Qur’an dan mendapatkan keistimewaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui identifikasi dan penafsiran ayat-ayat yang berkaitan dengan suku Quraisy, keistimewaan suku Quraisy dalam al-Qur’an, dan kemukjizatan al-Qur’an dari segi kisah suku Quraisy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir tematik, dengan jenis penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, banyaknya diceritakan suku Quraisy dalam al-Qur’an dan turunnya satu surah khusus yang menceritakan tentang suku Quraisy tersebut adalah salah satu bentuk dari kemukjizatan al-Qur’an, dimana hal ini menunjukkan bahwa al-Qur’an tidak akan menceritakan hal yang sia-sia. Ternyata dibalik buruknya ketauhidan suku Quraisy, mereka memiliki kelebihan dari segi bahasa, dialek merekalah yang Allah pilih untuk diabadikan dalam al- Qur’an. Selain itu ada banyak pembelajaran yang ingin Allah sampaikan pada kita, baik dari sikap terpuji yang ada pada mereka, cara mereka dalam membangun perekonomian dan lainnya. Kata kunci: Keistimewaan , Suku Quraisy, Mukjizat, Kisah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:16
Last Modified: 13 Jul 2020 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28097

Actions (login required)

View Item View Item