Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN FORUM MUSYAWARAH DUSUN BERDASARKANPERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG SISTEMPENGELOLAAN PEMBANGUNAN PARTISIPATIF KECAMATANSEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU(Studi kasus Desa Bandar Padang)

MUHAMMAD ADNAN, - (2020) PELAKSANAAN FORUM MUSYAWARAH DUSUN BERDASARKANPERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG SISTEMPENGELOLAAN PEMBANGUNAN PARTISIPATIF KECAMATANSEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU(Studi kasus Desa Bandar Padang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam forum musyawarah dusun ini sudah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Sistem Pengelolaan Pembangunan Partisipatif. Dimana dalam pelaksanaannya telah dilimpahkan kepada Forum Musyawarah Dusun (MusDus). Masalah pokok dalam penelitian ini mengenai Pelaksanaan Forum Musyawarah Dusun Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Sistem Pengelolaan Pembangunan Partisipatif Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Studi Kasus Desa Bandar Padang). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilihat dari jenisnya yaitu tergolong kedalam jenis penelitian Hukum Sosiologis, yaitu penulis melakukakan penelitian langsung ke lokasi penelitian, sedangkan sifat penelitian ini yaitu bersifat deskriptif. Kemudian Jumlah informan yang dibutuhkan dalam penelitian ini tidak dapat ditetapkan, proses penelitian berlangsung dari satu informan ke informan lainnya. Bermula dari penanggung jawab dalam menerapkan dan menjalankan kebijakan yaitu forum musyawarah dusun (musdus), Bupati Indragiri Hulu, Kantor Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu, Kantor Desa Bandar Padang Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu, Kepala Dusun Desa Bandar Padang Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan forum musyawarah dusun banyak kendala yang terjadi dilapangan kurangnya sosialisasi peraturan tersebut dari pihak desa maupun pihak yang bersangkutan yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang tidak paham tentang pentingnya forum musyawarah dusun ini bahkan ada masyarakat yang tidak tahu menahu tentang forum musyawarah dusun ini. Tempat pelaksaaan forum ini yang terbilang tidak menentu yang membuat banyaknya anggota dari forum musyawarah dusun ini malas untuk menghadiri kegiatan tahunan ini. Serta anggaran yang tidak pasti untuk melaksanakan forum juga hal penting yang terkadang gagalnya dilaksanakan forum musdus ini. Sebaiknya hal-hal yang menyebabkan forum ini gagal dilaksanakan harus di perbaiki oleh pihak terkait agar pelaksanaannya berjalan dengan semestinya. Dengan adanya informasi dan sosialisasi yang baik dan tepat, maka suatu kebijakan akan tersampaikan dan pelaksanaan kebijakan berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jul 2020 01:39
Last Modified: 09 Jul 2020 01:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28070

Actions (login required)

View Item View Item