Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Jual Beli Bibit Sapi Pada Inseminasi Buatan Di Nagari Aripan Kabupaten Solok

MIFTAHUR RAHMAH, - (2020) Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Jual Beli Bibit Sapi Pada Inseminasi Buatan Di Nagari Aripan Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
MIFTAHUR RAHMAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Miftahur Rahmah (2020): Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Jual Beli Bibit Sapi Pada Inseminasi Buatan Di Nagari Aripan Kabupaten Solok Mu’amalah merupakan bidang keilmuan Islam yang sangat luas untuk dikaji dan erat kaitannya dengan bisnis atau perdagangan. Dalam mua’amalah terdapat beberapa materi materi kajian, diantaranya adalah jual beli, ijarah, utang, upah, dan lain sebagainya. Termasuk pembahasan diskripsi ini yang mengambil pokok kajian tentang jual beli. Adapun sahnya jual beli apabila terpenuhinya rukun dan syarat, diantaranya adalah wujud dari objek transaksi dapat diketahui dengan jelas, dapat diserahterimakan dan dihargakan. Begitu pula dalam akad jual beli yang harus dilakukan berdasarkan keinginannya sendiri tanpa adanya unsur paksaan dari pihak lain. Penelitian skripsi ini dilakukan di Nagari Aripan Kabupaten Solok, yang mana di kenagarian ini pada umumnya masyarakat bermata pencaharian sebagai petani dan peternak, masyarakat yang bermata pencaharian sebagai peternak mengembangbiakkan hewan ternaknya dengan menggunakan teknik inseminasi buatan khususnya pada hewan ternak sapi. Dalam teknik inseminasi buatan peternak dibantu oleh oleh petugas inseminasi buatan yang mana petugas inseminasi buatan menjual berbagai jenis bibit (sperma), obat-obatan untuk sapi dan hewan ternak lainnya serta membantu proses kawin suntik (inseminasi buatan). Transaksi jual beli bibit (sperma) sapi di Nagari Aripan merupakan transaksi jual beli dengan petugas inseminasi buatan dan objeknya adalah bibit (sperma) sapi pejantan. Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana Tinjauan Fiqh Mu’amalah Terhadap Jual beli Bibit (sperma) Sapi? Selain itu penelitian ini juga memiliki tujuan yang ingin dicapai, diantaranya; untuk mengetahui bagaimana sistem jual beli bibit (sperma) sapi Nagari Aripan Kabupaten Solok dan bagaimanakah tinjauan fiqh mua’amalah terhadap transaksi tersebut. Menurut jenisnya, penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research). Data primer dikumpulkan dari dari wawancara dan dokumentasi serta observasi terhadap proses terjadinya jual beli bibit (sperma) sapi, dengan menggunakan metode wawancara terarah. Adapun populasinya seperti dari peternak dan petugas inseminasi buatan sebanyak 15 orang, dengan demikian semuanya layak untuk dijadikan sampel. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir induktif sehingga mendapatkan kesimpulan yang khusus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa: jual beli bibit (sperma) sapi di Nagari Aripan dilakukan dengan cara petugas menjual bibit (sperma) sapi kepada peternak dalam bentuk semen beku yang disimpan didalam termos atau tabung. Sedangkan tinjauan fiqh mua’amalah tentang jual beli bibit (sperma) sapi di Nagari Aripan adalah sah. Hal itu dikarenakan sudah terpenuhinya syarat dan rukun jual beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jul 2020 02:04
Last Modified: 09 Jul 2020 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28061

Actions (login required)

View Item View Item