Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TERMINOLOGI PENCIPTAAN DALAM AL-QURAN

M. Hendrik Pratama, - (2020) TERMINOLOGI PENCIPTAAN DALAM AL-QURAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Terminologi Penciptaan Dalam al-Qur’an”. Di dalam al-Qur’an terdapat empat lafaz yang digunakan dalam menjelaskan tentang penciptaan yaitu lafaz khalaqa, ja’ala, fathara dan bada’a. Keempat bentuk lafaz tersebut sering ditemukan dan dipahami dengan makna yang sama sebagaimana dalam al-Qur’an terjemahan bahasa Indonesia diterjemahkan dengan kata menciptakan atau menjadikan. Skripsi ini mengkaji bagaimana bentuk terminologi penciptaan dan bagaimana bentuk penafsiran lafaz khalaqa, ja’ala, fathara, dan bada’a dalam al-Qur’an. Adapun penelitian menggunakan metode tematik dan berbentuk studi kepustakaan yang menggunakan literatur atau buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Adapun teknik analisa data menggunakan content analysis (analisa isi) yaitu metode yang mengumpulkan dan menganalisa muatan dari sebuah teks. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa lafaz khalaqa menunjukkan kehebatan serta kemaha-kuasaan Allah SWT yang mampu menciptakan segala hal. Adapun lafaz ja’ala menunjukkan makna menjadikan sesuatu dari sesuatu yang sudah diciptakan Allah SWT. Lafaz fathara menunjukkan makna penciptaan langit dan bumi dan manusia tanpa menjelaskan secara rinci tentang proses penciptaannya. Sedangkan lafaz bada’a menunjukkan tentang penciptaan langit dan bumi yang Allah ciptakan dalam sekejap tanpa menggunakan alat, materi, waktu dan tempat. Kata Kunci: Al-Qur’an, Penciptaan, Khalaqa, Ja’ala, Fathara, Bada’a.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 09 Jul 2020 01:50
Last Modified: 09 Jul 2020 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28055

Actions (login required)

View Item View Item