ANALISIS LAPORAN ARUS KAS SEBAGAI ALAT UKUR UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara IV Sumatera Utara Periode 2014-2018)

Dhea Ayusvia Sandra, - (2020) ANALISIS LAPORAN ARUS KAS SEBAGAI ALAT UKUR UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara IV Sumatera Utara Periode 2014-2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI DHEA AYUSVIA SANDRA (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI DHEA AYUSVIA SANDRA (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)

Abstract

Dhea Ayusvia Sandra (2020): ANALISIS LAPORAN ARUS KAS SEBAGAI ALAT UKUR UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara IV Sumatera Utara Periode 2014-2018) Laporan arus kas sebagai salah satu unsur laporan keuangan menyajikan penerimaan dan pengeluaran kas dari perusahaan selama periode tertentu. Arus kas dalam perusahaan dapat ditelusuri dari aktivitas-aktivitas dalam perusahaan, aktivitas-aktivitas yang berlangsung dalam perusahaan dapat di klasifikasikan pada aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. Laba bersih yang dihasilkan sebuah perusahaan belum menjamin bahwa perusahaan tersebut memiliki kas yang cukup untuk membiayai aktivitasnya. Informasi tersebut tidak dapat dipelajari dengan sendirinya dari laporan keuangan yang lain selain laporan arus kas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan PT Perkebunan Nusantara IV Sumatera Utara dengan menggunakan analisis rasio laporan arus kas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan fenomena yang ada dengan menggunakan angka-angka. Jenis data yang dikumpulkan adalah data sekunder, serta teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rasio laporan arus kas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rasio arus kas operasi, cakupan kas terhadap hutang lancar, dan total hutang selama 5 tahun (2014-2018) menunjukkan hasil dibawah 1 yang berarti perusahaan tidak mampu memenuhi kewajiban serta komitmennya. Kemudian pada rasio cakupan kas terhadap bunga, cakupan arus dana dan arus kas bersih bebas mengalami fluktuasi, dan pada rasio kecukupan arus kas mengalami peningkatan yang cukup yang menggambarkan arus kas operasi mampu memenuhi fleksibilitas perusahaan. Kata Kunci: Analisis Rasio, Laporan Arus Kas, Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:56
Last Modified: 08 Jul 2020 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28025

Actions (login required)

View Item View Item