Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MINAT BACA BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 ROKAN HULU

Dina As-Syifa, - (2020) PENGARUH MINAT BACA BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Dina As-Syifa, (2020): Pengaruh Minat Baca Buku Teks sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hulu Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu minat baca buku teks sebagai sumber belajar (variabel X) dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih (variabel Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif antara minat baca buku teks sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hulu dan objeknya adalah pengaruh minat baca buku teks sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hulu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 483 siswa, dan diambil sampel sebanyak 68 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya adalah korelasi deskriptif kuantitatif menggunakan teknik product moment. Dari analisis data dapat dilihat bahwa minat baca buku teks sebagai sumber belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hulu berada pada kategori kuat dengan persentase 77,58% dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hulu berada pada kategori kuat dengan persentase 80,91%. Sedangkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh dari r_hitung 0,629 lebih besar dari r_(tabel ) pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,232 maupun pada taraf 1% sebesar 0,302. Dengan demikian berarti H_a diterima dan H_0 ditolak, berarti ada pengaruh yang positif antara minat baca buku teks sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hulu Kata Kunci : Pengaruh, Minat Baca, Buku Teks, Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:12
Last Modified: 08 Jul 2020 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28011

Actions (login required)

View Item View Item