Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KECERNAAN FRAKSI SERAT PADA KAMBING KACANG YANG DIBERI EKSTRAK FERMENTASI PELEPAH KELAPA SAWIT

Ibrahim Khan, - (2020) KECERNAAN FRAKSI SERAT PADA KAMBING KACANG YANG DIBERI EKSTRAK FERMENTASI PELEPAH KELAPA SAWIT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)

Abstract

KECERNAAN FRAKSI SERAT PADA KAMBING KACANG YANG DIBERI EKSTRAK FERMENTASI PELEPAH KELAPA SAWIT Ibrahim Khan (11581100920) Di bawah bimbingan Dewi Febrina dan Irdha Mirdhayati INTISARI Pelepah kelapa sawit merupakan salah satu hasil samping perkebunan kelapa sawit yang belum dimanfaatkan secara optimal dan berpotensi sebagai pakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecernaan fraksi serat pada kambing kacang yang diberi ekstrak fermentasi pelepah kelapa sawit, meliputi kecernaan NDF, ADF, selulosa dan hemiselulosa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Desember 2018 sampai Januari 2019 di Laboratorium UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan menggunakan 12 ekor Kambing Kacang dengan 4 perlakuan dan 3 kelompok, masing-masing perlakuan terdiri dari 4 ekor kambing kacang, yang dipelihara selama 28 hari. Perlakuan yang diberikan meliputi P0 (Ransum Komplit + 0% Ekstrak Fermentasi Pelepah Kelapa Sawit), P1 (Ransum Komplit + 0,1% Ekstrak Fermentasi Pelepah Kelapa Sawit), P2 (Ransum Komplit + 0,2% Ekstrak Fermentasi Pelepah Kelapa Sawit) dan P3 (Ransum Komplit + 0,3% Ekstrak Fermentasi Pelepah Kelapa Sawit). Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah kecernaan Neutral Detergent Fiber (NDF), Acid Detergent Fiber (ADF), selulosa dan hemiselulosa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan pemberian ekstrak fermentasi pelepah kelapa sawit tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap kecernaan fraksi serat meliputi kecernaan NDF, ADF, selulosa dan hemiselulosa. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian ekstrak fermentasi pelepah kelapa sawit 0 - 0,3% pada kambing kacang belum mampu meningkatkan kecernaan fraksi serat. Kata Kunci : ekstrak fermentasi kelapa sawit, fraksi serat, kambing kacang, kecernaan dan ransum komplit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 08 Jul 2020 03:47
Last Modified: 08 Jul 2020 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28009

Actions (login required)

View Item View Item