Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN DAN UJI COBA ALAT PENJERNIHAN AIR DENGAN PROSES ELEKTROKOAGULASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENGOLAHAN AIR

Ovie Sari Wulan-, khalifahfotocopy2014@gmail.com (2020) DESAIN DAN UJI COBA ALAT PENJERNIHAN AIR DENGAN PROSES ELEKTROKOAGULASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENGOLAHAN AIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
OVIE.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Ovie Sari Wulan, (2020): Desain dan Uji Coba Alat Penjernihan Air dengan Proses Elektrokoagulasi Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pengolahan Air Pemanfaatan media pembelajaran khususnya alat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan cara yang sederhana, sehingga dibutuhkan suatu metode pembaharuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain alat penjernihan air dengan proses elektrokoagulasi sebagai media pembalajaran pada materi pengolahan air yang valid berdasarkan validitas ahli materi, ahli media, praktikalitas guru dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan modifikasi model Borg and Gall di SMKN 2 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Alat penjernihan air yang didesain memperoleh persentase kevalidan sebesar 91,9% yang berarti alat penjernihan air dinyatakan sangat valid. Persentase kepraktisan alat penjernihan air yang diperoleh sebesar 98,9% yang dinyatakan sangat praktis dan mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dengan persentase 90,3%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa alat penjernihan air dengan proses elektrokoagulasi sebagai media pembelajaran pada materi pengolahan air sudah valid, praktis dan mendapatkan respon yang baik dari peserta didik. Kata Kunci: Penjernihan Air, Elektrokoagulasi, Pengolahan Air, Research and Development (R&D)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:22
Last Modified: 07 Jul 2020 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27993

Actions (login required)

View Item View Item