Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Strategi Dynamic Problem Solving Berbasis Conceptual Scaffolding Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA Pada Materi Termokimia di MAN 1 Pekanbaru

ANNISA SEPTIA FITRI, - (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Dynamic Problem Solving Berbasis Conceptual Scaffolding Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA Pada Materi Termokimia di MAN 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
ANISA.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Septia Fitri, (2019): Pengaruh Penerapan Strategi Dynamic Problem Solving Berbasis Conceptual Scaffolding Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA Pada Materi Termokimia di MAN 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan strategi dynamic problem solving berbasis conceptual scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen, yaitu bentuk penelitian yang menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang menentukan perbedaan dua variabel. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan strategi dynamic problem solving berbasis conceptual scaffolding yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran saintifik berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis pretest dan posttest, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 ( 0,000 < 0,05 ). Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh strategi dynamic problem solving berbasis conceptual scaffolding dengan model pembelajaran saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun besarnya pengaruh strategi dynamic problem solving berbasis conceptual scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan menghitung koefisien determinasi (r2), sehingga diperoleh koefisien pengaruh sebesar 45,08%. Kata Kunci: Dynamic Problem Solving, Conceptual Scaffolding, Berpikir Kritis Siswa, Termokimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:46
Last Modified: 15 Jul 2020 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27974

Actions (login required)

View Item View Item