Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA SISTEM PEMBAGIAN HASIL ANTARA PEKERJA DAN PEMILIK LAHAN PERTANIAN PADI DI KELURAHAN KOTABARU RETEH, KEC. KERITANG, KAB INDRAGIRI HILIR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.

Rosdewi Indra Putra Yani, - (2020) ANALISA SISTEM PEMBAGIAN HASIL ANTARA PEKERJA DAN PEMILIK LAHAN PERTANIAN PADI DI KELURAHAN KOTABARU RETEH, KEC. KERITANG, KAB INDRAGIRI HILIR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

ABSTRAK Rosdewi Indra Putra Yani (2020) : Analisa Sistem Pembagian Hasil antara Pekerja dan Pemilik Lahan Pertanian Padi di Kelurahan Kotabaru Reteh, Kec. Keritang, Kab Indragiri Hilir menurut Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kerjasama bagi hasil yang dilakukan oleh pemilik lahan pertanian dan penggarap atau pengelola lahan di kelurahan Kotabaru Reteh kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan sistem pembagian hasil antara Penggarap lahan dan Pemilik lahan Pertanian Padi di kelurahan Kotabaru Reteh Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir?Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembagian hasil antara Penggarap dan Pemilik lahan pertanian Padi di Kelurahan Kotabaru Reteh Kecamatan Keritang Kabupaten Indragirir Hilir?Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap pelaksanaan pembagian hasil antara pekerja dan pemilik lahan pertanian padi yang dipraktekkan di Kelurahan Kotabaru Reteh Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir? Peneliitian ini adalah penelitian lapangan, dilakukan di Kelurahan Kotabaru Reteh Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik lahan dan penggarap yang berjumlah 27 orang terdiri dari 10 orang pemilik lahan dan 17 pekerja (Penggarap). Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dalam penelitian ini adalah dengan observasi langsung, wawancara dan angket serta telaah dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode yang bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Kemudian ditulis dengan metode deskriptif, deduktif dan induktif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis dengan metode yang telah disebutkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa; kerjasama dalam bentuk mukhabarah atau perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh pemilik lahan pertanian dengan penggarap atau pengelola lahan pertanian dengan ketentuan yaitu; pemilik lahan pertanian hanya menyediakan lahan untuk digarap dan penggarap lahan menyediakan bibi, modal dan jasa dalam mengelola lahan yang telah diberikan oleh pemilik lahan. Bentuk perjanjian ini tidak hanya berupa perjanjian lisan atau tidak tertulis. System pembagian hasil yang diterapkan oleh masyarakat keurahan kotabaru reteh pada umumnya telah sesuai dengan syariat dan termasuk pada kerjasama mukhabarah, namun dilihat dari hasil pertanian padi yang didapat oleh petani tedapat ketidak jelasan dikarenakan hasil padi yang tidak bisa ditentukan hasilnya sedangkan hasil pertanian yang akan dibagi telah ditetapkan diawal perjanjian. Faktor pendorong kerjasama ini adalah karena sebagian Penggrap tidak memiliki lahan pertanian dan pemilik lahan tidak mampu, dan atau tidak memiliki waktu untuk mengelola lahan milik mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:09
Last Modified: 07 Jul 2020 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27957

Actions (login required)

View Item View Item