PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Sandra Gafindha, - (2020) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Text
SKRIPSI SANDRA GAFINDHA.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Sandra Gafindha, (2020): Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttes sebagai data akhir, dokumentasi dan observasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,85 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Pada analisis hasil belajar, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 88,89% dengan kategori amat baik sementara kelas kontrol yaitu 75,56% dengan kategori baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 17%. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Kesetimbangan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:22
Last Modified: 06 Jul 2020 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27918

Actions (login required)

View Item View Item