Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN DAN UJI COBA E-MODULE BERBASIS STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) MENGGUNAKAN SOFTWARE 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI LAJU REAKSI

Nurcahaya, - (2020) DESAIN DAN UJI COBA E-MODULE BERBASIS STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) MENGGUNAKAN SOFTWARE 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI NURCAHAYA.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Nurcahaya, (2020): Desain dan Uji Coba E-Module Berbasis STM (Sains Teknologi Masyarakat) Menggunakan Software 3D Pageflip Professional pada Materi Laju Reaksi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan era revolusi industri 4.0 dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran belum banyak yang menyesuaikan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain e-module berbasis STM (Sains Teknologi Masyarakat) menggunakan software 3D pageflip professional pada materi laju reaksi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan modifikasi model Brog & Gall. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Rambah Hilir. Subjek penelitian adalah 2 orang validator (ahli materi dan ahli media), 2 orang guru kimia, dan 10 orang peserta didik dari SMAN 1 Rambah Hilir. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. E-module berbasis STM (Sains Teknologi Masyarakat) yang dihasilkan memiliki tingkat validitas oleh ahli materi sebesar 87.5% (sangat valid) dan tingkat validitas oleh ahli media sebesar 89% (sangat valid) serta tingkat praktikalitas oleh guru sebesar 89.5% (sangat praktis). Serta mendapat respon baik dari peserta didik terhadap keseluruhan isi e-module dengan presentase sebesar 70% (sangat bagus). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis STM (Sains Teknologi Masyarakat) menggunakan software 3D pageflip professional pada materi laju reaksi sudah valid, praktis dan mendapat respon baik dari peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran online/ daring. Kata Kunci: E-module, STM (Sains Teknologi Masyarakat), 3D Pageflip Professional, Laju Reaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jul 2020 02:54
Last Modified: 06 Jul 2020 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27913

Actions (login required)

View Item View Item