Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FUNGSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN ROKAN HILIR DALAM MENGEMBANGKAN TEMPAT PARIWISATA KAWASAN PINGGIR SUNGAI ROKAN DI KOTA BAGAN SIAPI-API BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN KEPARIWISATAAN

ERNI KUSJUMIATI, - (2020) FUNGSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN ROKAN HILIR DALAM MENGEMBANGKAN TEMPAT PARIWISATA KAWASAN PINGGIR SUNGAI ROKAN DI KOTA BAGAN SIAPI-API BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN KEPARIWISATAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang fungsi dinas pariwisata kabupaten rokan hilir dalam mengembangkan tempat pariwisata kawasan sungai pinggir rokan di kota bagansiapi-api berdasarkan peraturan daerah nomor 5 tahun 2016 tentang penyelenggaraan kepariwisataan. Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah. Berbagai dampak positif dengan adanya pariwisata ini yakni, dapat menambah pendapatan daerah, serta menambah pendapatan masyarakat setempat. Dalam hal ini dinas kepariwisataan, kepemudaan dan olahraga sangat berperan aktif dalam mengembangkan tempat pariwisata kawasan sungai pinggir rokan agar menjadi lebih baik, menarik, bersih dan nyaman dari yang sebelumnya, sehingga banyak pengunjung dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ketempat pariwisata tersebut. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana fungsi dinas pariwisata kabupaten rokan hilir dalam mengembangkan tempat pariwisata kawasan sungai pinggir rokan berdasarkan peraturan daearah nomor 5 tahun 2016 tentang penyelenggaraan kepariwisataan serta apa faktor penghambat kurang berjalannya fungsi dinas pariwisata kabupaten rokan hilir dalam mengembangkan tempat pariwisata kawasan sungai pinggir rokan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis dengan cara melakukan survey langsung kelapangan. Sumber data yang digunakan data primer yang diperoleh secara langsung dilapangan sebagai objek penulisan yang didapatkan dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinas kepariwisataan, kepemudaan dan olahraga telah berusaha untuk mengembangkan tempat pariwisata tersebut.dan ketua dinas pariwisata serta kepala bidang destinasti pun sudah melakukan kerja sama antar kecamatan, daerah, provinsi, dan kabupaten dan telah menerapkan hasil kerja sama tersebut ditempat pariwisata yang ada di kota bagan siapi-api salah satunya kawasan sungai pinggir rokan ini. Tetapi dinas pariwisata mempunyai banyak faktor penghambat dalam menerapkan perkembangan pariwisata ini. Adapun faktor pnghambat dalam mengembangkan tempat pariwisata di kabupaten rokan hilir diantaranya tidak cukupnya dana anggaran yang disediakan oleh pemerintah daerah dalam mengembangkan tempat periwisata, kurangnya pengawasan dari pemerintah daerah, kurang kepedulian masyarakat terhadap tempat pariwisata kawasan sungai pinggir rokan sehingga banyak menyebabkan kerusakan pada patung-patung, hiasan, serta tempat – tempat bersejarah yang ada ditempat pariwisata ini serta banyaknya sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat dan pengujung yang datang ketempat wisata ini. Tempat wisata pun menjadi sangat kotor , sehingga tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Jul 2020 02:43
Last Modified: 06 Jul 2020 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27912

Actions (login required)

View Item View Item