Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN ZAKAT DIKALANGAN MASYARAKAT BUDIDAYA IKAN PATIN DI DESA KOTO MASJID KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KAB. KAMPAR DI TINJAU MENURUT HUKUM ISLAM

HIJRATUL AWAL, - (2020) PELAKSANAAN ZAKAT DIKALANGAN MASYARAKAT BUDIDAYA IKAN PATIN DI DESA KOTO MASJID KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KAB. KAMPAR DI TINJAU MENURUT HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

ABSTRAK Mayoritas masyarakat Indosesia beragama Islam. Zakat merupakan aspek yang tak terpisahkan dalam kehidupan. Guna untuk menunaikan salah satu kewajiban dalam rukun Islam, yakni dengan membayar zakat dengan ungkapan wujid syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. Dalam kehidupan sekarang harta kekayaan dapat diperoleh dari hasil perikanan yang mana membudidaya ikan bisa memenuhi kehidupan, dan hasilnya cukup besar untuk bisa mengeluarkan zakat dengan maksud membersikan diri dan membantu orang-orang disekelilingnya. Petani budidaya ikan patin di Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, dalam mengeluarkan zakat ikan menggunakan aturan sendiri tampa tahu berapa kadar yang di keluarkan menurut hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan zakat dikalangan masyarakat budidaya ikan patin di Desa Koto Masjid, bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelaksaan zakat di kalangan masyarakat budidaya ikan patin. Tujuan peneliti untuk mengetahui pelaksanaan zakat dikalangan masyarakat budidaya ikan patin di Desa Koto Masjid, Untuk mengetahui bagaimana analisi hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat dikalangan masyarakat budidaya ikan patin di Koto Masjid. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field researt) yang dilakukan di Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bersipat deskriptif kualitatif. Untuk mendapat data yang valid digunakan metode data, yaitu wawancara dan selera kualitatif dengan setela data terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode berpikir Induktif yaitu pengambilan kesimpulan dari yang bentuk khusus ke umum. Berdasarkan hasil penelitian dapan dikemukakan bahwa praktek zakat budidaya ikan patin di Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. dalam mengeluarkan zakat ikan patin menggunakan aturan sendiri, ada juga yang menggunakan hitungan uang dengan mengambil dalil kepada emas dan perak yakni dengan mengeluarkan zakat hasil usahanya 2,5%, ada juga yang membagikan ke Masjid berupa uang di lakukan setiap kali panen ada yang setahun sekali. Dan ada juga di bagikan kepada fakir miskin. Adapun menurut pandangan hukum Islamnya praktek Zakat perikanan di Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar hukumnya tidak cocok dengan hukum Islam. Zakat tersebut dapat di Qiyaskan ke zakat pertanian tanaman dan buah-buahan diberlakukan nisab sebagaimana tanaman dan buah-buahan tampa menunggu satu tahun Haul, yang nisabnya 5% karna banyak menggunakan biaya operasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:44
Last Modified: 06 Jul 2020 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27902

Actions (login required)

View Item View Item