EFEKTIVITAS KINERJA DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU TERKAIT PENANGANAN TERHADAP ANAK JALANAN DI KOTA PEKANBARU DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH.

FENI HAFIZA, - (2020) EFEKTIVITAS KINERJA DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU TERKAIT PENANGANAN TERHADAP ANAK JALANAN DI KOTA PEKANBARU DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVRSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
SKRIPSI FENI HAFIZA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FENI HAFIZA NIM:11624200698 Skripsi ini berjudul: EFEKTIVITAS KINERJA DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU TERKAIT PENANGANAN TERHADAP ANAK JALANAN DI KOTA PEKANBARU DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Adapun penulisan skripsi ini berlatar belakang dari banyaknya Anak Jalanan di Kota Pekanbaru. Mereka menghabiskan waktu dijalanan padahal seharusnya mereka tumbuh besar dengan kehidupan yang layak dan mendapatkan pendidikan justru malah sebaliknya. Pemerintah Kota Pekanbaru juga telah mengeluarkan kebijakan yang melarang aktivitas di jalanan yang meresahkan masyarakat. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni peran Dinas Sosial terkait Penanganan Anak Jalanan di Kota Pekanbaru, Efektivitas penanganan terhadap penurunan jumlah anak jalanan di Kota Pekanbaru, dan Tinjauan Fiqh Siyasah dalam penanganan Anak Jalanan yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Sosiologis Hukum dengan metode Penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, dan wawancara sebagai data primer yang dihimpun dari pihak Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Sedangkan data sekunder data yang didapat dari buku-buku, dokumentasi yang terkait langsung dengan permasalahan yang diteliti, setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisa dengan deskriptif kualitatif. Melalui wawancara dan observasi dilapangan penulis memperoleh hasil setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan Fiqh Siyasah dengan menampilkan nash Al-Qur’an, hadist, dan kaedah fiqhiyah untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari uraian yang disajikan dan dari tinjauan yang telah dilakukan, maka penulis memperoleh jawaban bahwasannya terkait Penanganan terhadap Anak Jalanan di Kota Pekanbaru yang dilakukan Oleh Dinas Sosial Kota Pekanbaru adalah sesuatu yang belum mencapai ukuran suatu efektivitas. Dimana Peran Dinas Sosial belum terwujud sepenuhnya dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak jalanan di Kota Pekanbaru. Dengan demikian hasil dari penanganan anak jalanan yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Pekanbaru tidak sesuai dengan tinjauan Fiqh Siyasah dikarenakan pemimpin adalah orang yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kesejahteraan masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:23
Last Modified: 06 Jul 2020 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27896

Actions (login required)

View Item View Item