Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Aek Matondang Desa Pintu Padang Julu Mandailing Natal Menurut Ekonomi Syariah

AHLAN PAWADDIN, - (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Aek Matondang Desa Pintu Padang Julu Mandailing Natal Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
AHLAN PAWADIN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Ahlan Pawaddin (2020): Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Aek Matondang Desa Pintu Padang Julu Mandailing Natal Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilakukan di Rumah Makan Aek Matondang Desa Pintu Padang Julu Mandailing Natal. Masalah yang melatarbelakangi judul penelitian ini berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa RM. Aek Matondang telah memberikan pelayanan yang baik dan menetapkan harga yang cenderung lebih murah dari beberapa pesaingnya dan seharusnya hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan konsumen agar meningkat setiap tahunnya. Namun pada kenyatannya justru mengalami fluktuatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga produk terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Aek Matondang Desa Pintu Padang Julu Mandailing Natal dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam tentang pengaruh kualitas pelayanan dan harga produk terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Aek Matondang Desa Pintu Padang Julu Mandailing Natal. Populasi dalam penelitian ini adalah 39.618 dengan jumlah sampel 100 konsumen RM. Aek Matondang dengan metode yang digunakan adalah actidental sampling. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif, pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket kepada konsumen. Dari hasil penelitian berdasarkan uji regresi linier berganda yaitu Y = 0,226 + 0,128X1 + 0,511X2 + e yang berarti bahwa kedua variabel bebas memiliki pengaruh positif terhadap variabel terikat. hal ini berarti bahwa bila variabel kualitas pelayanan dan harga produk terpenuhi mengakibatkan kepuasan konsumen akan semakin meningkat. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan tingkat signifikan X1 berada pada taraf 0,001 (0,001< 0,05) dengan t hitung 3,335. Sedangkan X2 pada taraf 0,000 (0,000< 0,05) dengan t hitung 9,073. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan semua variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Hal tersebut dikarenakan F hitung lebih besar dari F tabel (115,613 > 3,09). Berdasarkan pengaruh tersebut dapat diketahui dari nilai R square sebesar 0,698, artinya variabel independent memberikan kontribusi sebesar 69,8% terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan sisanya 30,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Tinjauan ekonomi syariah mengenai kualitas pelayanan dan harga produk pada Rumah Makan Aek Matondang telah sejalan dengan syariat Islam karena karyawan telah memberikan dengan profesional yaitu (i) dapat bekerja dengan cepat dan tepat sehingga (ii) tidak menyia-nyiakan amanah dan (iii) senantiasa menepati apabila berjanji, serta menetapkan harga dengan prinsip syariah yaitu prinsip (i) keadilan, (ii) kejujuran, (iii) suka rela, dan (iv) juga telah memberikan manfaat bagi konsumen. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga Produk, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Jul 2020 02:10
Last Modified: 06 Jul 2020 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item