Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN HAK KESEHATAN DAN MAKANAN YANG LAYAK BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA PEKANBARU

Nasril Akbar Lubis, - (2020) PELAKSANAAN HAK KESEHATAN DAN MAKANAN YANG LAYAK BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)

Abstract

ABSTRAK Nasril Akbar Lubis, (2020) : “Pelaksanaan Hak Kesehatan Dan Makanan Yang Layak Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pekanbaru”. Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan Manusia sebagai makhluk Tuhan yang maha Esa dan merupakan anugerah yang wajib di hormati, di junjung tinggi dan di lindungi oleh Negara dan setiap orang demi kehormatan serta Pelaksanaan dan martabat Manusia ,untuk itu seorang Narapidana tetap memiliki hak walaupun mereka berada di dalam penjara hak narapidana tersebut salah satunya ialah hak mendapatkan kesehatan dan makanan yang layak yang di atur dalam Pasal 14 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Dari latar belakang masalah tersebut timbul permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan hak kesehatan dan makanan yang layak bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pekanbaru dan apa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan hak kesehatan dan makanan yang layak bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian lapangan yang bertitik tolak dari data primer atau data yang diperoleh langsung dari wawancara yaitu kepada kepala lembaga pemasyarakatan perempuan pekanbaru, Kepala Seksi Pembinaan Kesehatan dan Pemasyarakatan, Petugas Sipir dan Tenaga Medis Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pekanbaru serta penyebaran angket kepada Narapidana. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif, lokasi penelitian ini berada di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pekanbaru. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan hak kesehatan dan makanan yang layak berdasarkan peraturan yang ada belum terlaksana dengan baik karena masih banyak hak-hak Narapidana yang tidak terlaksana seperti pengecekan massal rutin sebulan sekali, hak mendapatkan alat mandi dan pembalut, hak mendapatkan makanan tambahan untuk narapidana menyusui hamil dan berpuasa, serta tidak terdapat dokter umum dan dokter gigi di dalam lembaga pemasyarakatan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan hak kesehatan dan makanan yang layak bagi narapidana adalah sumber daya manusia yang belum memadai dalam jumlah tenaga medis, kapasitas lapas yang melebihi batas ideal standar lapas, sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti kamar dan kelengkapan poliknik, serta kurangnya kesadaran narapidana dalam menjaga kebersihan diri agar terhindar dari sumber penyakit yang dapat menular kepada narapidana lainnya yang mengakibatkan narapidana cenderung mengalami penyakit selama berada di dalam lembaga pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:12
Last Modified: 06 Jul 2020 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27877

Actions (login required)

View Item View Item