ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BENGKALIS ( PENDAFTARAN SERTIFIKAT HAK MILIK (SHM) ATAS TANAH )

Afika Afriani, (2016) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BENGKALIS ( PENDAFTARAN SERTIFIKAT HAK MILIK (SHM) ATAS TANAH ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Untuk menghasilkan pelayanan publik yang berkualitas, maka sudah ditetapkan standar pelayanan (lama waktu, biaya, syarat dan prosedur pelayanan). Namun pada kenyataannya masih terdapat pelayanan yang belum sesuai dengan standar yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pendaftaran Sertifikat Hak Milik (SHM) atas Tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkalis? Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 58 orang masyarakat yang sudah mengurus pendaftaran tanah, wawancara kepada 3 orang key informan, dan observasi langsung ke kantor pertanahan Kabupaten Bengkalis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling (area sampling), Responden penelitian ini berasal dari Kecamatan Bengkalis (30 orang), Kecamatan Bantan (2 orang), dan kecamatan Pinggir (26 orang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun pelayanan pendaftaran Sertifikat Hak Milik (SHM) atas Tanah menggunakan sistem computer (mean =4,43), Namun, Pegawai tidak mampu memberikan pelayanan pendaftaran Sertifikat Hak Milik (SHM) atas Tanah sebagaimana harapan masyarakat (mean=4,06) dan Penyelesaian Dokumen Sertifikat Hak Milik (SHM) atas Tanah tidak sesuai dengan standar pelayanan (mean=4,05). Standar pelayanan sebagaimana Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 masih belum dapat diselesaikan oleh pegawai kantor pertanahan Kabupaten Bengkalis. Hal ini disebabkan kerena kondisi internal di kantor pertanahan Kabupaten Bengkalis terbatasnya sarana dan prasarana, hambatan dari masyarakat sebagai pemegang hak atas tanah sehingga pelaksanaan pendaftaran tanah tidak berjalan dengan baik. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pendaftaran Sertifikat Hak Milik (SHM) atas Tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Feb 2016 03:45
Last Modified: 29 Feb 2016 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item View Item