Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah

Afriadi Wijaya, - (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
gabungan kecuali bab iv.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Afriadi Wijaya, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah Kemampuan pemahaman konsep sebagian siswa masih rendah, tidak adanya usaha yang dilakukan siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep pada meteri ekonomi, kurangnya kerja sama antar siswa dalam memahami konsep ekonomi yang diberikan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis deskiptif kuantitatif, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI IPS. Sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada mata pelajaran Ekonomi, adapun populasi dalam penelitian adalah satu orang guru ekonomi dan seluruh siswa jurusan IPS kelas XI dengan jumlah siswa 57 orang siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana yaitu rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,266<0,667>0,345) sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah adalah sebesar 47,3% sedangkan sisanya 52,7% dipengaruhi faktor lain. Kata kunci: Pengaruh, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:05
Last Modified: 02 Jul 2020 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27863

Actions (login required)

View Item View Item