Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI BUDAYA 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, DAN SHITSUKE) PADA IKM KERUPUK BAWANG UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN KERJA (Studi Kasus: IKM Nafeesa Snack)

Habib Sadikin, - (2020) IMPLEMENTASI BUDAYA 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, DAN SHITSUKE) PADA IKM KERUPUK BAWANG UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN KERJA (Studi Kasus: IKM Nafeesa Snack). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (FULLTEXT)
FULL TUGAS AKHIR KECUALI BAB 4 DAN BAB 5 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV DAN BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) diketahui berperan dalam menopang perekonomian Indonesia, sehingga pengembangan sektor ini sangat diperhatikan oleh pemerintah. Home Industry Nafeesa Snack ini bergerak di bidang pembuatan makanan ringan kue bawang dan kue kaktus, dimana dalam menjalankan bisnisnya menerapkan sistem make to stock yaitu meletakkan produknya pada toko–toko dan supermarket di sekitaran Pekanbaru. Salah satu kendala yang dialami oleh Home Industry Nafeesa Snack adalah pada bagian lantai produksi. Beberapa masalah yang dihadapi oleh lantai produksi adalah tumpahan minyak, fasilitas berantakan, tidak ada papan peringatan keselamatan dan tidak ada instruksi kerja. Penelitian ini menggunakan metode 5S (Seiri, Seiso, Seiton,Sheitketsu dan Shitsuke) serta pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati, mewawancarai dan tinjauan literatur yang berkaitan dengan aspek yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lantai produksi yang awalnya semrawut, setelah kegiatan diatur kembali dengan menggunakan metode 5S lantai produksi menjadi tertata rapi Dimana sebelum dilakukan implementasi waktu yang dibutuhkan melakukan proses produksi sebesar 12.686 detik setelah dilakukan implementasi waktu yang dibutuhkan pada proses produksi adalah 9.560 detik. hal ini dikarenakan alur produksi sudah ditata ulang dan alat yang dibutuhkan diletakkan pada posisi operator. Kata Kunci : Implementasi, 5S, Lantai Produksi,Usaha Kecil Menengah, Good Manufacturing Process

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:20
Last Modified: 02 Jul 2020 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27862

Actions (login required)

View Item View Item