PENGARUH JENIS TANAH SEBAGAI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L.)

Alfian Nur Budiarto, - (2020) PENGARUH JENIS TANAH SEBAGAI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
GABUNGAN .pdf

Download (998kB)

Abstract

PENGARUH JENIS TANAH SEBAGAI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L.) Alfian Nur Budiarto (11682104534) Di bawah bimbingan Oksana, S.P., M.P dan Novita Hera, S.P., M.P INTISARI Provinsi Riau yang merupakan daerah dataran rendah dan bergelombang dengan iklim tropisnya, memiliki beberapa jenis tanah yang terbilang dominan. Okra (Abelmoschus esculentus L.) merupakan tanaman multiguna yang kaya manfaat tetapi kurang dibudidayakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terbaik dari tiga jenis tanah yang dominan di Riau yang digunakan sebagai media tanam dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman okra. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2019 di lahan percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Bahan utama yang digunakan adalah benih okra varietas Naila IPB dengan perlakuan tiga jenis tanah yang terdiri dari tanah aluvial, tanah podzolik merah kuning (PMK) dan gambut sebagai media tanam. Metode pada penelitian ini berupa percobaan Pot dengan tiga perlakuan dan enam ulangan. Seluruh unit percobaan diletakkan di suatu plot homogen dengan susunan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah buah, bobot basah buah, dan panjang buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tanah PMK memberikan pengaruh sangat nyata yang lebih rendah terhadap produksi jumlah buah, bobot basah buah, dan panjang buah dibandingkan jenis tanah aluvial dan gambut, tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun. Kesimpulan yang diperoleh yaitu tanah aluvial dan gambut hanya berpengaruh terhadap peningkatan produksi tanaman okra. Kata kunci: aluvial, gambut, okra, podzolik merah kuning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:10
Last Modified: 02 Jul 2020 02:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27846

Actions (login required)

View Item View Item