PENERAPAN APLIKASI E – FORMASI DALAM PENYUSUNAN FORMASI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA PEKANBARU”

ISTIKOMAH, - (2020) PENERAPAN APLIKASI E – FORMASI DALAM PENYUSUNAN FORMASI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA PEKANBARU”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN_2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK “PENERAPAN APLIKASI E – FORMASI DALAM PENYUSUNAN FORMASI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA PEKANBARU” ISTIKOMAH NIM. 11575200763 Penelitian ini dilakukan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru, sebagai salah satu Badan yang menerapkan sistem Aplikasi e formasi dalam penyusunan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil. Hal ini tertera dalam surat Edaran Nomor: B-2156/M.PAN.RB/5/2014 tentang Penerapan Sistem e-Formasi. Penyusunan formasi pegawai sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Penyusunan ini diwajibkan menngunakan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja serta adanya Peta Jabatan. Dalam pelaksanaan penerapan ini peneliti menggunakan teori Edward III Dalam Lia Safitri (2016:4), ada 4 variabel atau faktor berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan implementasi kebijakan. Empat variabel atau faktor tadi antara lain faktor communication, resources, dispositions, dan bureaucratic structure. Namun peneliti fokus pada faktor sumber daya karena faktor ini merupakan dasar dalam penysunan kebutuhan pegawai terdiri dari sumber daya manusia, sumber daya anggaran, seumber daya peralatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan utama untuk menggambarkan secara rinci dan mendalam mengenai bagaimana penerapan aplikasi e formasi dalam penyusunan kebutuhan pegawai pegawai di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru. Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor penghambat penerapan E formasi dalam Penyusunan Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga data kualitatif dianalisis lebih lanjut untuk menjadi kesimpulan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Wawancara dilakukan dengan teknik in-depth interview digunakan agar mendapatkan informasi yang mendalam dengan subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan e fromasi sudah baik namun mesih bersifat vertical hanya digunakan pada satu instansi induk yaitu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekanbaru selaku pelaksana teknis kebijakan dan penyusunan kebutuhan formasi pegawai dilakukan oleh masing-masing instansi sesuai intruksi MENPAN-RB. Kata Kunci : Penerapan, E-Formasi, Penyusunan Kebutuhan Formasi Pegawai Negeri Sipi (PNS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:04
Last Modified: 02 Jul 2020 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27805

Actions (login required)

View Item View Item