Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING SERTA TUJUANNYA TERHADAP HARGA JUAL PADA CV MAJU JAYA DUMAI

HIDAYATULLAH MAOLANA, - (2020) PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING SERTA TUJUANNYA TERHADAP HARGA JUAL PADA CV MAJU JAYA DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
HIDAYATULLAH MAOLANA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING SERTA TUJUANNYA TERHADAP HARGA JUAL PADA CV MAJU JAYA DUMAI Oleh : HIDAYATULLAH MAOLANA 01770413135 Usaha kecil seperti CV Maju Jaya masih seringkali kurang akurat dalam menentukan harga jual produknya, khususnya usaha kecil yang bergerak di bidang industri pangan. Hal ini disebabkan karena kesalahan dalam perhitungan harga pokok produknya. Metode yang tepat digunakan dalam menghitung biaya produksi tersebut ialah metode full costing. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mengetahui pengklasifikasian biaya di perusahaan,(2) Menganalisis perhitungan harga pokok produksi produk tahu yang dilakukan oleh CV Maju Jaya, (3) Menganalisis perhitungan harga pokok produksi produk tahu dengan metode full costing pada CV Maju Jaya, (4) Menganalisis perbedaan antara metode dan full costing dengan metode yang digunakan oleh CV Maju Jaya serta dampaknyanya terhadap harga jual. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diambil dengan melakukan wawancara secara langsung dengan pemilik dan karyawan yang bekerja pada CV Maju Jaya tersebut. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan laba rugi yang dimiliki oleh CV Maju Jaya. Hasil perhitungan harga pokok produksi per bungkus tahu yang dihitung di perusahaan pada tahun 2018 dan 2019 adalah Rp 1.951,72 dan Rp 1.995,42. Hasil dari perhitungan harga pokok produksi tahu per bungkus pada tahun 2018 dan 2019 dengan metode full costing adalah Rp2.034 dan Rp2.131. Terlihat dari hasil perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing lebih besar dibandingkan perhitungan yang dilakukan perusahaan. Ini dikarenakan masih adanya biaya-biaya yang tidak tercatat dan teralokasikan oleh perusahaan. Sebaiknya perusahaan menggunakan metode full costing. Metode ini terbukti lebih akurat dalam perhitungan harga pokok produksi. Kata Kunci : Full Costing, Harga Jual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi D3
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 01 Jul 2020 04:16
Last Modified: 01 Jul 2020 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27801

Actions (login required)

View Item View Item