PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN HAK MEREK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS( STUDIKASUS DISTRO88 PEKANBARU TERHADAP MEREK 3SECOND )

ARGILANG DARSAH, - (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN HAK MEREK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS( STUDIKASUS DISTRO88 PEKANBARU TERHADAP MEREK 3SECOND ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang perlindungan hukum terhadap pelanggaran hak merek yang dilakukan Distro88 pekanbaru terhadap merek 3second ditinjau menurut Undang-undang Nomor 20 tahun 2016. Permasalah muncul ketika suatu merek dipalsukan oleh pelaku usaha lain untuk mencari keuntungan sebagaimana disebutkan dalam pasal 3 yaitu merek yang sudah terdaftar akan mendapatkan perlindungan hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hak merek yang dilakukan distro88 pekanbaru terhadap pelanggaran hak merek menurut undang-undang nomor 20 tahun 2016, dan apakah faktor-faktor penyebab dilanggarnya hak merek tersebut Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yaitu jenis penelitian yaitu yang terjadi didalam masyarakat, dimana penelitian ini dilakukan didistro88 pekanbaru yang terdapat dijalan kartama kecamatan marpoyan damai pekanbaru dan outlet 3second yang terletak di jalan HR. Soebrantas pekanbaru. Analisis data dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukan bahwa distro88 pekanbaru terbukti telah melakukan pelanggaran hak merek, karena mereka menjual barang merek 3second tanpa izin dari pemilik merek 3second baik itu melalui lisensi maupun pengalihan hak, sebagaimana dimaksud pasal 41,42 dan 43 undang-undang nomor 20 tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis. Adapun upaya perlindungan hukum tersebut dapat melalui pidana dan perdata melalui pengadilan niaga. adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab pelanggaran merek terebut adalah faktor mencari keuntungan dan kurangya pengawasan sehingga membuat banyak pelanggaran merek terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:36
Last Modified: 01 Jul 2020 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27792

Actions (login required)

View Item View Item