Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTATION OF AUTHENTIC ASSESSMENT BASED ON THE 2013 CURRICULUM BY ENGLISH TEACHERS OF SMAN 2 BANGKO SUBDISTRICT ROKAN HILIR REGENCY

EVA DIANA SARI, - (2020) IMPLEMENTATION OF AUTHENTIC ASSESSMENT BASED ON THE 2013 CURRICULUM BY ENGLISH TEACHERS OF SMAN 2 BANGKO SUBDISTRICT ROKAN HILIR REGENCY. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
BAB GABUNGAN EVA DIANA SARI.pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV EVA DIANA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

Eva Diana Sari (2020): Implementasi Penilaian Otentik Berdasarkan Kurikulum 2013 Oleh Guru Bahasa Inggris SMAN 2 Bangko, Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk menyelidiki pelaksanaan penilaian otentik oleh guru bahasa Inggris SMAN 2 Bangko Rokan Hilir. Selain itu, pertanyaan ini terutama ditujukan untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana pemahaman dasar guru tentang defenisi, perbedaan penilaian autentik dengan kurikulum sebelumnya, bentuk-bentuk, karakteristik, manfaat, tehnik penilaian keterampilan dan tehnik penilaian pengetahuan dalam penilaian otentik kurikulum 2013 terhadap guru bahasa Inggris di SMAN 2 Kabupaten Bangko Rokan Hilir? 2) Bagaimana penerapan penilaian autentik dalam mengajar Bahasa Inggris di SMAN 2 Bangko Rokan Hilir? 3) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan penilaian otentik di SMAN 2 Bangko Rokan Hilir? Pesertanya adalah tiga guru bahasa Inggris. Data dihasilkan dari berbagai sumber seperti melakukan observasi kelas, wawancara semi-terstruktur dan dokumen. Data kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengeksplorasi pemahaman guru tentang penerapan penilaian otentik dalam mengajar bahasa Inggris di SMAN 2 Bangko Rokan Hilir dan faktor-faktor yang berpengaruh. Dari hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar, guru memiliki pemahaman yang baik akan defenisi, perbedaan penilaian autentik dengan kurikulum sebelumnya, bentuk-bentuk, karakteristik, manfaat, tehnik penilaian keterampilan dan tehnik penilaian pengetahuan penilaian autentik kurikulum 2013. Namun demikian, dalam implementasi mengajar didalam kelas ditemukan bahwa guru belum menerapkan sepenuhnya penilaian autentik. Hasil kajian ini menyatakan bahwa guru A masih mengaplikasikan cara penilaian dengan sistim kurikulum lama sedangkan guru B dan C sudah mengaplikasikan penilaian autentik namun langkah-langkah dalam pelaksanaan penilaian autentik ini belum berjalan sesuai dengan tuntutan penilaian autentik kurikulum 2013. Guru xi memaparkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 adalah keterbatasan waktu pembelajaran yang hanya lima belas menit pada kegiatan penutup, kurangnya kontribusi dalam pelatihan dan sosialisasi pemerintah serta pembelajaran yang kondusif dan kreatifitas guru dalam merancang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:30
Last Modified: 01 Jul 2020 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27781

Actions (login required)

View Item View Item