TAUFIQ OKTAMAIHANDRI, - (2020) STRATEGI BAURAN PROMOSI PRODUK PEMBIAYAAN MODAL KERJA DI BANK WAKAF MIKRO SYARIAH FAJAR PELITA HARAPAN CABANG PERAWANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
TAUFIQ.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Taufiq Oktamaihandri (2020) “STRATEGI BAURAN PROMOSI PRODUK PEMBIAYAAN MODAL KERJA DI BANK WAKAF MIKRO SYARIAH FAJAR PELITA HARAPAN CABANG PERAWANG” BWM Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat berdasarkan prinsip syariah. BWM Syariah umum nya memiliki tugas utama yaitu menyalurkan dana. Keberhasilan sektor BWM dalam mencapai tujuan salah satu nya adalah pemasaran, Semakin ketatnya bisnis dan persaingan antar BWM dalam memasarkan produk, BWM Syariah dituntut untuk selalu inovatif dan kreatif dalam memasarkan produk – produk nya. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi bauran promosi, faktor pendorong dan penghambat, tinjauan Ekonomi Syariah terhadap strategi bauran promosi produk Pembiayaan Modal Kerja di BWM Syariah Fataha Cabang Perawang. Subjek dalam penelitian ini adalah para karyawan BWM Syariah Fataha Cabang Perawang, sedangkan objeknya adalah bauran promosi produk Pembiayaan Modal Kerja terhadap BWM Syariah Fataha cabang Perawang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan BWM Syariah Fataha Cabang Perawang yang berjumlah 5 orang, dan sampel sebanyak 2 orang, yang terdiri dari supervisor BWM Syariah Fataha Cabang Perawang. Data primer dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh secara langsung dilapangan melalui wawancara terhadap karyawan BWM Syariah Fataha Cabang Perawang, sedangkan. Data sekundernya, yaitu data yang diperoleh dari berbagai buku, dokumen BWM Syariah Fataha Cabang Perawang dan lain-lain data pendukung yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis penulisan ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menyederhanakan hasil dari olahan data, sehingga mudah untuk dipahami. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran promosi yang dilakukan BWM Syariah Fataha Cabang Perawang adalah Periklanan, Hubungan masyarakat atau publisitas, door to door atau jemput bola, Sistem informasi dari mulut ke mulut. Faktor pendorong strategi bauran promosi adalah Lokasi yang strategis, Memberikan konsultasi usaha kepada anggota, Brosur dan spanduk sebagai media promosi, Teknologi yang semakin berkembang, Masyarakat sudah banyak yang mulai tertarik untuk menggunakan produk BWM karena sistem operasionalnya berbasis syariah. Faktor penghambat strategi bauran promosi adalah Keterbatasan SDM, Masih kurangnya promosi melalui media cetak dan media elektronik, Masih ada kesan disebagian masyarakat bahwa BWM Syariah Fataha pelayanannya hanya untuk orang muslim, dan tinjauan ekonomi syariah strategi bauran promosi yang dilakukan BWM Syariah Fataha Cabang Perawang telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah karena berdasarkan “Hukum asal dalam masalah muamalat adalah halal dan mubah selama tidak ada dalil yang menunjukkan pada keharamannya". Kata Kunci : Strategi, Bauran Promosi, Produk Pembiayaan Modal Kerja
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 04:31 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 04:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27759 |
Actions (login required)
View Item |