Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTs AL HUDA PEKANBARU

SYAHWAL ERMAN (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTs AL HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013299PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs Al-Huda Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs AlHuda Pekanbaru? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs AL-HUDA Pekanbaru yang berjumlah 65 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa antara yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match daripada pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match sebesar 62,166 lebih baik dari hasil belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 45,626. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs Al-Huda Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 08:23
Last Modified: 26 Feb 2016 08:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item