Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

GUNUNG DAN FUNGSINYA DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU GEOLOGI (KAJIAN TAFSIR ILMI KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA)

AYU RISKI SAPUTRA, - (2020) GUNUNG DAN FUNGSINYA DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU GEOLOGI (KAJIAN TAFSIR ILMI KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (990kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: GUNUNG DAN FUNGSINYA DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU GEOLOGI (KAJIAN TAFSIR ILMI KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA), latar belakang penulisan skripsi ini adalah adanya orang Jepang yang mensakralkan gunung Fuji, orang Bali percaya dewanya bersemayam di gunung Agung, gunung Bromo dipercaya sebagai kahyangannya penduduk Tengger, hanya Islam yang menjadikan gunung sebagai objek kajian ilmiah, selain itu ada juga pendapat ahli geologi yang mengatakan gunung tidak mampu menjadi pasak bagi bumi karena massa dan dimensinya yang jauh lebih kecil dari bumi. Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah penafsiran tentang gunung sebagai pasak bagi bumi. Kemudian, apakah ada relevansinya dengan ilmu geologi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang merupakan Penelitian Pustaka (Library Research) yang difokuskan pada penelusuran literatur-literatur dan bahan pustaka yang berkaitan dengan tema penelitian. Sedangkan pengolahan data berupa deskriptif dan analisis. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah gunung di dalam al-Qur’ân telah disebutkan dengan tiga lafal yaitu al-Jibal, ar-Rawâsi dan al-’alam dan ayat-ayat yang khusus membahas fungsi gunung sebagai pasak bumi terdapat sebelas ayat, dua ayat dengan redaksi jibal dan sembilan ayat dengan redaksi rawâsiya. Temuan lainnya adalah adanya relevansi antara ayat-ayat yang membahas gunung sebagai pasak bumi dengan ilmu geologi, hal ini dibuktikan setelah dilakukan analis terhadap data-data yang berupa kitab-kitab tafsir dan kitab-kitab sains. Pendapat para mufassir dan para ahli geologi sama-sama mengatakan bahwa salah satu fungsi gunung adalah sebagai pasak bagi bumi. Tujuannya adalah untuk menjaga agar bumi tetap stabil dan tidak bergoncang sehingga bumi bisa ditempati oleh makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:06
Last Modified: 29 Jun 2020 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27746

Actions (login required)

View Item View Item